Ini 5 Alasan Penting Kita Perlu Menikmati ‘Me Time’ di Hari Libur


Naviri Magazine - Aneka kesibukan, mulai dari tugas di rumah hingga tanggung jawab kantor, benar-benar menguras tenaga, waktu, dan pikiran. Libur panjang pun jadi kesempatan baik untuk beristirahat, dan memberikan waktu lebih banyak untuk diri sendiri alias 'me time'.

Tak ada yang salah dari menghabiskan waktu sendiri, dan melakukan kegiatan yang disukai tanpa ada beban. Meski terkesan egois, 'me time' punya sederet manfaat luar biasa untuk diri Anda.

Pikiran lebih fokus

Dalam rutinitas sehari-hari, pikiran harus terpecah untuk banyak hal yang dipikirkan, sehingga tak jarang menimbulkan stres. 'Me time' mengizinkan Anda sejenak untuk tidak memikirkan beban pekerjaan maupun tanggung jawab pada atasan.

Sejenak, jauhkan diri dari daftar hal yang harus dilakukan. Ajak diri untuk menikmati momen dan fokus pada kondisi kini. Niscaya pikiran akan lebih tenang dan kembali fokus.


Lebih bersemangat bekerja

'Me time' tak sekadar meningkatkan kesejahteraan psikologis, tetapi juga meningkatkan semangat kerja, sehingga orang jadi lebih produktif. Temuan ini berasal dari studi yang dilakukan oleh Almuth McDowall, pengajar senior psikologi di University of Birkbek.

"Kami menyarakan seseorang untuk mengambil waktu sendiri dan 'mengisi baterai', serta mengalami momen berkualitas. Hal itu bermanfaat untuk kesejahteraan psikologis. Dan bagi pekerja, itu akan memberikan performa kerja yang lebih baik di kemudian hari," jelas Almuth, dikutip dari Science Daily.

Mengenal diri lebih baik

Menjauhkan diri sejenak dari rutinitas membuat seseorang bakal mengenal dirinya dengan lebih baik. Orang seolah memiliki 'mata burung' untuk melihat lebih luas bagaimana pikiran dan perasaan dirinya sendiri.

Merenung bukan berarti sedih, tetapi menyediakan waktu untuk mengolah pengalaman. 'Me time' memungkinkan orang untuk bersyukur, sekaligus memaafkan apa yang telah terjadi sebagai bagian dari proses.

Lebih mandiri

Menyediakan waktu untuk diri sendiri artinya tak perlu berkoordinasi dengan kawan atau keluarga. Hanya perlu waktu luang, dan melupakan kesibukan barang sebentar saja.

Dengan 'me time', seseorang akan terlatih untuk tidak bergantung pada orang lain, belajar untuk menghargai diri sendiri, sehingga muncul kesadaran bahwa kebahagiaan tidak melulu datang dari orang lain.

Selain itu, 'me time' juga bisa menghemat pengeluaran, karena tak pusing memikirkan kepentingan orang lain. Semuanya diatur oleh diri sendiri, dan untuk kepentingan seorang diri.

Semakin kreatif

Mengisi 'me time' tak hanya dengan duduk merenung sembari menyesap kopi. Ada segudang kegiatan yang bisa dilakukan. Ini bisa memunculkan kreativitas seseorang untuk menemukan cara agar dirinya senang, rileks, dan menikmati dengan sepenuh hati.

Rutinitas kerap membuat orang lupa dan tak kunjung menemukan hobi atau hal-hal yang disukai. 'Me time' memberikan peluang bagi seseorang untuk mengeksplorasi banyak hal, bahkan yang belum pernah dilakukan sekalipun. 

Related

Tips 1649409802343276628

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item