Ini 5 Kebiasaan yang Bikin Cepat Tua, Hindari Sebelum Terlambat


Naviri Magazine - Kebanyakan orang ingin memiliki penampilan yang awet muda. Tak heran segala macam cara akan dilakukan demi mendapatkan penampilan tersebut. Namun bagaimana jika ternyata selama ini kebiasaanmu yang membuatmu terlihat lebih tua? 

Kebiasaan yang bikin cepat tua ini sebenarnya terlihat sepele, namun jika terus dilakukan berulang kali maka bisa memberikan dampak yang signifikan bagi penampilanmu.

Tak hanya bisa berdampak bagi penampilan, kebiasaan buruk tersebut juga bisa mempengaruhi kondisi kesehatanmu. Agar kamu terhindar dari penuaan dan tetap sehat, kamu perlu mengetahui kebiasaan buruk apa saja yang perlu kamu hilangkan. 

Berikut ini 5 kebiasaan yang bikin cepat tua dan keriput yang perlu kamu hindari sebelum terlambat.

1. Kurang tidur

Kurang tidur bisa bikin wajah cepat keriput dan terlihat tua. Apalagi ditambah dengan adanya kantung mata yang bikin wajah jadi kelihatan suram. Hal ini karena, saat kamu begadang, proses regenerasi kulit di malam hari jadi tidak maksimal dan membuat keriput lebih cepat muncul.

2. Menggunakan make up terlalu banyak

Saat ini sudah banyak produk make up yang bertebaran di pasaran. Mulai dari foundation, sunscreen, pelembap, bedak tabur, bedak padat, concealer, blush on dan lainnya. Terlalu banyak menggunakan produk make up juga rentan membuat kulit cepat keriput dan terlihat tua.

Apalagi jika produk make up tersebut berbahan dasar minyak, sehingga rawan menyumbat pori-pori kulit dan menyebabkan tumbuhnya jerawat. 

Kamu juga perlu menghindari produk kulit yang banyak mengandung alkohol dan wewangian, karena bisa menghapus minyak alami wajah yang berperan menjaga kelembapan kulit. Kebiasaan ini akan membuat garis-garis keriput muncul lebih dini.

3. Terlalu kasar saat membersihkan wajah

Saat sudah terlalu lelah dan mengantuk, kadang pwanita membersihkan wajah dengan kasar dan asal-asalan. Padahal sikap ini bakal bikin wajah tidak bisa 'bernapas' secara sempurna, karena kotoran di wajah masih ada dan berbekas. Selain itu, membersihkan dengan asal-asalan juga akan memunculkan kerutan di area bagian bawah mata.

Untuk itu, dianjurkan untuk membersihkan area mata dengan cairan khusus untuk mata. Usahakan juga untuk membersihkan mata dengan perlahan dan lembut agar tidak merusak kulit di area mata.

4. Sering Stres

Stres bisa dibilang penyakit mental yang wajar dan kerap terjadi. Meski begitu, kamu tetap perlu mengelola stres dengan baik, agar hormon kortisol atau hormon stres dalam tubuh bisa terkendali.

Pasalnya, jika hormon kortisol menumpuk, akan bisa mempercepat proses penuaan kulit dan mendorong munculnya garis halus, serta bikin kulit kusam. Untuk mengendalikan stres, kamu bisa melakukan berbagai kegiatan positif seperti berolahraga, banyak bersyukur, me time, jalan-jalan, dan berbagai kegiatan positif lainnya.

5. Tidak pakai sunscreen

Tak hanya melindungi kulit dari sinar ultraviolet, sunscreen juga berfungsi untuk mencegah penuaan dini. Meski begitu, kamu tak bisa asal pilih sunscreen, ya. Sunscreen yang bagus harus mampu melindungi kulit dari UVA dan UV.

Untuk itu, sebaiknya pilih sunscreen yang berlabel 'broad spectrum' karena bisa menangkal UVA dan UVB. Dan juga pilih sunscreen yang memiliki kandungan SPF minimal 30. Pakai sunscreen setiap dua jam sekali meski sedang berada di dalam ruangan.

Itulah 5 kebiasaan yang bikin cepat tua yang perlu kamu hindari. Jika kamu merasa selama ini telah melakukan kebiasaan-kebiasaan tersebut, sekarang waktunya untuk berhenti demi hidup yang lebih sehat dan terlihat awet muda. 

Related

Health 4791490886968088884

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item