Ini 5 Minuman yang Membantu Redakan Gejala Asam Lambung


Naviri Magazine - Asam lambung naik kerap menimbulkan rasa tak nyaman pada perut. Bahkan, dalam kasus yang lebih parah, asam lambung bisa naik sampai ke kerongkongan, dan menciptakan sensasi terbakar di bagian dada. 

Selain mengonsumsi obat, kita juga bisa mengatasi gejala asam lambung dengan meneguk minuman tertentu. Beberapa minuman bisa menyeimbangkan pH tubuh, serta mengurangi kadar asam pada perut.

Berikut lima minuman yang bisa meredakan gejala asam lambung:

Teh herbal

Teh herbal dapat meningkatkan pencernaan dan menenangkan masalah pencernaan, seperti gas serta mual. Jenis teh herbal seperti chamomile, atau licorice, bisa jadi pilihan tepat untuk menenangkan gejala asam lambung naik.

Supaya efeknya lebih maksimal, konsumsi teh herbal tersebut dua sampai empat cangkir per hari. Hanya saja, hindari untuk mengonsumsi teh peppermint atau spearmint, karena bisa memperparah asam lambung. 

Susu almond

Bagi orang-orang yang memiliki intoleransi terhadap laktosa, atau mengalami peningkatan asam lambung akibat susu sapi, lebih baik memilih susu almond sebagai alternatif.

Susu almond mengandung komposisi alkalin, yang bisa menetralisir asam pada perut dan meredakan gejala asam lambung. Selain susu almond, susu kedelai juga bisa jadi pilihan susu lainnya yang aman bagi penderita asam lambung.

Air kelapa

Air kelapa murni juga bisa menjadi pilihan minuman terbaik bagi penderita asam lambung. Minuman ini kaya elektrolit seperti potasium, yang dapat menyeimbangkan pH dalam tubuh. Sehingga produksi asam lambung pun dapat lebih terkendali.

Jus lidah buaya

Sebuah penelitian pada 2015, yang dipublikasikan dalam Journal of Traditional Chinese Medicine, menemukan, jus lidah buaya murni dapat menjadi pengobatan yang aman, dan efektif untuk mengurangi gejala asam lambung.

Dalam studi tersebut juga disebutkan, konsumsi jus lidah buaya murni dapat meredakan gejala naiknya asam lambung, tanpa efek samping tertentu. Bahkan, dalam beberapa kasus, minuman ini lebih manjur ketimbang jenis pengobatan tradisional lainnya.

Para peneliti menyimpulkan, jus lidah buaya bekerja dengan cara mengurangi produksi asam, dan bekerja sebagai agen anti-inflamasi.

Air putih

Tentu saja, minuman yang paling aman untuk dikonsumsi oleh penderita asam lambung adalah air putih. Kandungan pH yang terkandung dalam air putih tergolong netral (7,0), sehingga bisa meningkatkan pH dari makanan asam.

Selain itu, Felice Schnoll-Sussman, MD, ahli gastroenterologi di New York Presbyterian Hospital juga mengungkapkan, minum air putih dapat meredakan gejala asam lambung naik, atau bahkan GERD. 

Mengonsumsi air putih dapat membuat kadar asam lambung yang naik ke kerongkongan jadi berkurang.

Related

Health 8899341331918030559

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item