Ini 7 Hal yang Menyebabkan Sakit Gigi, yang Bisa Kita Hindari


Naviri Magazine - Mencegah jauh lebih daripada mengobati, karena itu sangat penting mengetahui penyebab sakit gigi, agar dapat kita cegah sedini mungkin.

Infeksi bakteri menjadi penyebab utama sakit gigi. Dimana bagian enamel dirusak oleh bakteri, sehingga menyebabkan bakteri masuk ke dalam gigi. Sakit terjadi karena bakteri masuk ke dalam gigi, lebih tepatnya pada syaraf di dalam gusi, sehingga menyebabkan rasa sakit.

Penyebab sakit gigi karena makan makanan tertentu, atau minum-minuman tertentu tidak menjadi penyebab mutlak. Akan tetapi penyebab utamanya adalah bakteri.

Perlu diketahui juga, sebagian kecil faktor yang menyebabkan sakit gigi dan gigi sensitif karena retaknya lapisan email gigi.

Gigi berlubang tidak menjadi sebab utama sakit gigi. Yang menyebabkan sakit adalah ketika lubang sampai ke saraf gusi. Jadi ketika lubang gigi tidak menembus saraf gusi, maka tidak menyebakan sakit gigi.

Bakteri menyebabkan abses di dalam lubang gigi, menyebabkan sakit gigi karena menginfeksi gusi.

Pencegahan sakit gigi dapat dilakukan dengan berbagai hal, di antaranya adalah dengan mengetahui penyebab sakit gigi, untuk kemudian meminimalisir penyebabnya. Berikut adalah 7 penyebab sakit gigi yang bisa Anda hindari.

Gigi berlubang

Gigi berlubang menjadi salah satu sebab sakit gigi, lebih tepatnya gigi berlubang yang sampai menembus saraf gusi. Apabila kita makan kemudian menyisakan sisa-sisa makanan di dalam mulut, sisa-sisa makanan itu singgah di dalam gigi yang berlubang.

Bisa sampainya bakteri ke saraf gigi, karena bakteri mengurai sisa-sisa makanan yang tersisa di dalam lubang-lubang gigi. Bakteri dapat menginfeksi, kemudian menimbulkan rasa sakit ketika sampai ke syaraf gigi.

Salah dalam menyikat gigi

Sakit gigi disebabkan juga karena cara menyikat gigi yang salah. Cara menyikat gigi yang asal-asalan tidak memperhatikan kebersihan gigi dari sisa-sisa makanan yang ada di dalam mulut akan menyebakan efek yang tidak baik.

Sisa makanan yang kurang bersih dari mulut membuat bakteri senang berkembang biak. Berkembang biaknya bakteri di dalam mulut disebabkan karena banyaknya sisa makanan yang belum bersih dari mulut. 

Seringkali, yang menjadi keluhan sakit adalah gigi geraham. Geraham, yang ada cekukan kecil, lama-kelamaan bakteri akan mengikis gigi tersebut sehingga menyebabkan sakit gigi.

Tidak rutin menggosok gigi

Bakteri berkembang biak di dalam mulut, karena banyaknya sisa-sisa makanan yang tertumpuk akibat jarang menggosok gigi. Meggosok gigi dua kali sehari sangat dianjurkan. Jika lebih dari dua kali sehari, maka lebih baik.

Salah satu kesalahan dalam cara menggosok gigi adalah penggunaan waktu yang salah. Sebelum tidur dan sesudah bangun tidur adalah waktu yang sangat tepat untuk menggosok gigi.

Menggunakan pasta dan sikat gigi yang salah

Menggunakan sikat gigi dan pasta gigi yang tepat merupakan salah satu prioritas dalam pemilihan alat untuk menggosok gigi. Salah dalam memilih sikat gigi dan pasta gigi juga bisa menjadi penyebab sakit gigi.

Karena salah dalam memilih alat dalam menggosok gigi dapat menyebabkan gigi mudah rusak.

Memilih pasta gigi yang mengandung fluoride bisa menjadi salah satu pilihan.
Karena bahan fluoride yang terkandung dalam pasta gigi dapat membantu melindungi gigi dari sifat asam yang dihasilkan oleh bakteri, serta dapat membantu menguatkan gigi.

Berlebihan mengonsumsi makanan manis

Kopi, teh, susu, dan minuman lainya, adalah sebagian dari beberapa minuman yang sering kita jumpai sehari-hari, yang mengandung campuran gula. Selain minuman, banyak sekali kita jumpai makanan manis.

Bakteri sangat suka kondisi manis, karena bakteri mengubah glukosa, fruktosa, dan sukrosa, menjadi asam laktat. Bakteri mudah masuk karena gigi terkikis akibat asam laktat yang dihasilkan oleh bakteri.

Karies gigi

Salah satu penyakit yang merusak struktur gigi adalah karies gigi. Gigi berlubang juga disebabkan karena karies gigi. Bagian gigi yang berwarna kuning atau cokelat atau hitam yang berkumpul dengan plak, adalah tanda gigi karies.

Plak adalah sisa-sisa makanan yang mengeras, dan di dalam plak terdapat bakteri. Sehingga bakteri tersebut yang mengikis gigi hingga membuat gigi berlubang dan sakit gigi.

Related

Health 6520431049023383540

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item