Ini 7 Makanan dengan Rasa Nikmat, yang Juga Menyehatkan Tubuh


Naviri Magazine - Pizza, cokelat, dan es krim, mungkin terdengar lebih menggugah selera daripada almond dan selada. Padahal, Anda kerap merasa kembung dan mengantuk setelah menyantap menu berlemak dan berminyak.

Sebenarnya, banyak makanan dan kudapan lezat yang tidak meninggalkan rasa tak nyaman di tubuh setelah Anda menyantapnya. Makanan-makanan ini malah membuat Anda lebih berenergi, dan senang hati.

Dalam wawancara dengan Well + Good, Siggi Hilmarsson, pendiri Siggi's Icelandic Yogurt, berbicara tentang favoritnya, seperti cokelat dan susu. "Saya suka hal-hal yang bikin saya merasa lebih bahagia satu jam setelah memakannya," kata Siggi.

Perasaan senang setelah makan adalah perilaku biologis, tergantung pada asosiasi atau ingatan tentang makanan. Begitu kata editor nutrisi dan kesehatan Today, Madelyn Fernstrom. Fernstrom mengatakan, baginya tidak ada makanan buruk, yang ada hanya porsi yang buruk.

Sementara itu, ahli gizi Bonnie Taub-Dix, R.D dari New York, menyatakan bahwa makanan yang tinggi karbohidrat memberikan banyak kepuasan, karena mereka meningkatkan hormon serotonin yang membuat Anda merasa lebih baik.

"Ada bagian dari diri kita yang mengidamkan karbohidrat, namun kita berpikir ulang mengingat kalorinya tinggi. Kompromi yang ideal adalah dengan memilih makanan yang benar dalam kelompok sama, seperti karbohidrat gandum, jadi Anda bisa merasa lebih baik," jelas Taub-Dix.

Untuk mencapai tujuan, berikut makanan sehat yang dapat Anda nikmati, dengan bonus rasa tenang dan senang di hati.

Telur

Menurut ahli gizi, Elisa Zied, telur memberikan protein berkualitas tinggi. Makan telur akan membuat perut kenyang, dan rasanya pun lezat. Makanlah sebutir telur untuk membuat Anda merasa lebih baik dalam satu jam.

Buah beri

Pada dasarnya, buah adalah permen alami, seperti apel segar atau beri segar. Disarankan untuk makan buah beri sekitar 113-227 gram. Buah beri mengandung banyak air, merangsang selera, dan mudah dicerna.

Tuna kaleng

Tuna kaleng merupakan sumber protein berkualitas tinggi yang dapat mengenyangkan, membantu menjaga kadar gula darah, memberi energi sehingga Anda lebih kuat. Cobalah mengonsumsi sekitar satu kaleng kecil tuna, atau setengahnya bila kaleng besar.

Sup ayam

"Orang-orang selalu merasa baik setelah makan sup ayam," kata Fernstrom. Dia mengatakan, orang mengasosiasikan 'merasa-baik' terhadap makanan saat makan krim atau sesuatu yang hangat, dan sup ayam adalah contoh sempurna.

Kacang-kacangan dan biji-bijian

Kacang dan biji-bijian adalah sumber yang kaya protein dan karbohidrat kompleks, terutama dalam bentuk pati yang resisten. 

Sebuah studi di Public Health Nutrition menyatakan bahwa asupan moderat kacang-kacangan, satu atau dua porsi setiap minggu dapat melindungi perempuan yang menopause dari perubahan suasana hati dan depresi.

Gandum

Gandum memberikan karbohidrat kompleks yang memainkan peran kunci dalam menciptakan serotonin, yang membantu mengatur suasana hati, nafsu makan, dan tidur. Makanlah bubur gandum dengan aneka resep mudah yang diolah dengan buah, susu, yogurt, dan kacang-kacangan.

Avokad

Avokad adalah buah yang lembut dan sangat sehat. Anda bisa mengonsumsi avokad yang dihaluskan, lalu tambahkan salad dressing, atau bisa diolah menjadi gelato, guacamole, jadi isian roti, atau dipanggang bersama telur.

Related

Health 3071085287878326972

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item