Ini 7 Tanda Pada Kuku yang Bisa Menggambarkan Kondisi Kesehatan


Naviri Magazine - Mungkin Anda pernah mengalami kuku patah atau mendapati titik berwarna putih pada kuku. Kondisi tersebut muncul bukan tanpa sebab. Perubahan warna, bentuk, atau pun kerusakan pada kuku juga dipengaruhi oleh kondisi kesehatan Anda.

Kuku mungkin bagian tubuh yang jarang diperhatikan. Bagi sebagian wanita, kuku mungkin mendapat perhatian lebih karena bisa menunjang penampilan.

Kuku yang rapi dan diberi perawatan memang akan terlihat menarik. Namun selain untuk mendukung penampilan diri, kuku juga bisa menjadi sumber informasi bagi kesehatan tubuh.

Mungkin Anda pernah mengalami kuku patah atau mendapati titik berwarna putih pada kuku. Kondisi tersebut muncul bukan tanpa sebab.

Perubahan warna, bentuk, atau pun kerusakan pada kuku juga dipengaruhi oleh kondisi kesehatan Anda. Berikut ini, dilansir dari ETimes, beberapa tanda kuku yang menggambarkan kondisi kesehatan.

Kuku Kuning

Tanda kuku yang menggambarkan kondisi kesehatan yang pertama yaitu kuku kuning. Kuku kuning dan pucat sebagian besar berkembang seiring bertambahnya usia. Tetapi, kondisi ini juga bisa muncul akibat efek samping dari cat kuku atau kuku akrilik yang berlebihan.

Beberapa kemungkinan penyebab kuku kuning lainnya termasuk merokok, diabetes atau penyakit pernapasan. Dalam kasus yang sangat jarang, kuku kuning bisa menjadi indikasi dari penyakit tiroid, diabetes, psoriasis, atau masalah pernapasan (bronkitis kronis atau sinusitis).

Bintik Putih

Tanda kuku yang menggambarkan kondisi kesehatan yang kedua yaitu bintik putih. Bintik-bintik kecil dan cerah yang umumnya berwarna putih bisa disebabkan oleh trauma eksternal.

Meskipun biasanya tanda ini bisa hilang sendiri, beberapa bintik putih juga dapat disebabkan oleh infeksi jamur yang mungkin memerlukan pengobatan.

Kuku Mengelupas

Tanda kuku yang menggambarkan kondisi kesehatan yang ketiga yaitu kuku mengelupas. Kuku yang mengelupas terkadang sangat menyakitkan. Hal ini biasanya terjadi saat kuku mengalami semacam trauma tumpul, yang paling sering terjadi saat kita menggunakan kuku untuk membuka sesuatu.

Menggunakan penghapus cat kuku yang kuat secara kimiawi untuk menghilangkan cat kuku juga dapat menyebabkan kuku terkelupas. Jika pengelupasan kuku adalah sesuatu yang biasa Anda alami, bisa jadi tubuh kekurangan zat besi.

Lubang atau Penyok

Tanda kuku yang gambarkan kondisi kesehatan yang keempat yaitu kuku yang penyok atau berlubang. Orang yang sering melihat banyak penyok pada kuku mungkin menderita jenis kelainan jaringan tertentu seperti sindrom Reiter. Lubang ini penyok juga terkadang disebabkan oleh psoriasis.

Craters

Tanda kuku yang gambarkan kondisi kesehatan yang kelima yaitu kondisi craters. Jika Anda melihat bentuk lingkaran horizontal atau vertikal pada bantalan kuku Anda, disertai dengan perubahan warna alami, itu mungkin merupakan tanda penyakit ginjal.

Gejala tambahan yang harus diwaspadai yaitu berupa kecemasan, kelelahan, penurunan berat badan, diabetes dan pengeluaran urin yang berlebihan.

Kuku Patah

Tanda kuku yang gambarkan kondisi kesehatan yang selanjutnya yaitu kuku patah. Kuku patah bukan hanya membuat penampilan menjadi tidak menarik, tetapi juga menjadi tanda akan masalah kesehatan yang mendasarinya.

Kuku rapuh, patah dari samping, atau kuku hangus disebabkan oleh tangan yang terlalu banyak tercelup ke dalam air atau kering yang merusak dan melemahkan bantalan kuku.

Gejala lain mungkin juga termasuk kelelahan dan kulit kusam. Oleh karena itu, suplemen vitamin dan biotin bisa menjadi solusi untuk mengatasi masalah tersebut.

Bercak Hitam

Tanda kuku yang gambarkan kondisi kesehatan yang terakhir yaitu bercak hitam. Ini merupakan kondisi yang paling berbahaya dari semuanya. Bintik hitam atau bercak hitam bisa menjadi penyebab yang ekstrim.

Jika disertai dengan pendarahan di sekitar bantalan kuku dan kuku yang meradang, disarankan untuk pergi ke klinik dokter karena ini bisa menjadi tanda awal dari melanoma, yaitu sejenis kanker.

Related

Health 6516583511002886849

Recent

item