Ini Penyebab Kita Selalu Tertarik Pada Gosip Seputar Selebriti


Naviri Magazine - Psikolog asal Belgia, Charlotte de Backer, membedakan antara gosip untuk mempelajari strategi dan gosip untuk reputasi.

Gosip tentang seseorang biasanya hanya menarik kalau kita kenal orang itu. Tapi beberapa gosip akan tetap menarik tidak peduli siapa orangnya. Gosip ini bisa soal situasi hidup-mati atau keberhasilan luar biasa. Kita tertarik mendengarnya karena kita bisa belajar sesuatu untuk digunakan dalam hidup kita sendiri.

De Backer menemukan bahwa ketertarikan kita terhadap gosip selebriti bisa jadi berasal dari keingintahuan kita mempelajari strategi dalam hidup. Baik atau buruk, kita melihat selebriti seperti nenek moyang melihat tokoh-tokoh teladan dalam kelompok mereka.

Pada dasarnya, ketertarikan kita akan selebriti mencerminkan ketertarikan dalam diri kita akan kehidupan orang lain.

Dari sudut pandang evolusi, “selebriti” adalah fenomena baru yang disebabkan oleh ledakan media masa pada abad ke-20. Nenek moyang kita tertarik pada detail-detail kehidupan pribadi semua orang, karena semua orang di kelompok sosial kecil mereka itu penting.

Namun, anthropolog Jerome Barkow menjelaskan bahwa evolusi tidak mempersiapkan kita untuk membedakan individu dalam komunitas yang benar-benar mempengaruhi hidup kita, dan individu yang mewarnai hidup kita lewat gambar, film, dan lagu.

Media memproduksi gosip yang mirip dengan gosip yang kita bagikan di tempat kerja dan antarteman. Karena suatu hal, otak kita ditipu untuk merasakan kedekatan mendalam pada orang-orang terkenal ini - yang membuat kita semakin ingin tahu tentang mereka. Bagaimana pun, orang yang sering kita lihat, dan kehidupannya kita banyak tahu, mestinya adalah orang yang secara sosial penting bagi kita.

Karena kedekatan yang kita rasakan terhadap selebriti, mereka memainkan peran sosial penting: bisa jadi mereka satu-satunya “orang-orang” yang juga dikenal oleh tetangga dan rekan kerja baru.

Selebriti adalah benda budaya yang diketahui semua orang, yang dapat membantu interaksi informal dalam lingkungan baru. Terus mencari tahu kehidupan aktor, politikus, dan atlet akan membuat orang lebih ahli secara sosial dalam berinteraksi dengan orang baru, dan bahkan membantu membuat hubungan baru.

Related

Psychology 5063905095024890636

Recent

item