Ini Penyebab Munculnya Karang Gigi, dan Cara Mencegahnya


Naviri Magazine - Karang gigi adalah kotoran dalam mulut yang menempel pada gigi dalam jangka waktu yang lama, sehingga lama kelamaan akan mengeras dan membatu, hingga akan sulit untuk dibersihkan jika hanya dengan menggosok gigi. 

Karang gigi dapat menyebabkan berbagai penyakit gusi, seperti radang gusi (gingivitis) yang ditandai dengan gusi tampak kemerahan, agak membengkak, dan sering berdarah saat menggosok gigi.

Membersihkan karang gigi dalam mulut

Dari segi penampilan, karang gigi kurang sedap dipandang mata. Sehingga bagi yang memperhatikan penampilan, sebaiknya membersihkannya dengan cara yang baik dan benar. 

Perlu diketahui bahwa setiap orang beda-beda dalam menghasilkan karang gigi di dalam mulutnya. Ada yang mudah terbentuk, ada pula yang lama terbentuk, tergantung kondisi lingkungan dalam mulut, kandungan air liur (saliva), makanan yang dimakan, kondisi gigi geligi, jenis kuman yang ada di dalam mulut, dan lain-lain.

Untuk menghilangkan kalkulus atau karang gigi sebaiknya tidak dilakukan sendiri, atau menggunakan suatu benda atau obat kimia yang tidak jelas. Untuk membersihkannya, sebaiknya datang ke dokter gigi, baik yang praktek di rumah, rumah sakit, klinik, ataupun puskesmas. 

Karena, jika menggunakan cara yang salah, justru akan memperparah keadaan yang tadinya baik-baik saja. Untuk kasus ini, juga sangat tidak dianjurkan untuk membersihkan karang gigi menggunakan pisau, batu, logam, atau benda tajam lainnya, karena bisa menyebabkan adanya kantung kuman pada gigi dan gusi, yang mengakibatkan infeksi pada gusi atau jaringan mukosa. 

Dapat pula terjadi, yang Anda kikis adalah lapisan email gigi, bukan karang gigi, yang dapat membuat gigi Anda jadi sensitif atau ngilu. Maka, cara yang paling tepat adalah mendatangi dokter gigi agar gigi Anda kembali sehat dan kuat.

Adapun cara yang dilakukan agar kalkulus tidak muncul kembali setelah kita melakukan pembersihan karang gigi ke dokter gigi, adalah sebagai berikut:

Rajin menggosok gigi, pagi setelah sarapan, dan malam sebelum tidur, dengan pasta gigi yang mencegah plak.
  • Rajin minum air putih yang bersih sambil kumur-kumur.
  • Rajin membersihkan bekas sisa makanan yang ada di sela-sela gigi, dengan menggunakan benang gigi atau dental floss.
  • Rajin kumur-kumur dengan menggunakan obat kumur pembersih gigi.
  • Rajin makan buah dan sayuran, karena seratnya dapat membantu menghilangkan sisa makanan di gigi dan gusi kita.

Related

Health 9110799817130666495

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item