Ini Penyebab Orang Suka Menimbun Aneka Barang, Meski Tak Digunakan

Naviri Magazine - Hoarding disorder adalah suatu gangguan yang membuat penderitanya merasa kesulitan dan resah, ketika harus membuang baran...


Naviri Magazine - Hoarding disorder adalah suatu gangguan yang membuat penderitanya merasa kesulitan dan resah, ketika harus membuang barang-barang yang ia miliki. Ia juga cenderung menimbun barang-barang tidak terpakai dan tidak berguna lagi, sehingga hanya menjadi tumpukan di sudut-sudut kamar maupun rumah.

Tidak hanya sekadar kebiasaan buruk, perilaku tidak baik ini ternyata juga dapat mengarah kepada gangguan kejiwaan yang serius! Barikut ini beberapa ciri hoarder, atau orang yang gemar menimbun barang-barang tak terpakai.

Sulit untuk membuang barang yang sudah tidak dibutuhkan

Pengidap hoarding disorder merasa sulit untuk membuang barang-barang yang tak terpakai, karena berpikiran bahwa mereka akan membutuhkan barang tersebut nantinya. Sehingga, mereka akan merasa berat hati, dan sayang untuk membuang barang-barang tersebut.

Barang-barang yang ditimbun pun beragam, mulai dari struk belanja, pakaian yang sudah tidak terpakai, perabotan yang rusak, atau barang-barang yang dirasa bersejarah dan memiliki hubungan emosional dengan sang pemilik. Ia akan menimbun barang tersebut hingga akhirnya membuat ruang gerak di lingkungannya jadi terbatas dan sempit.

Tidak hanya merugikan diri sendiri, kebiasaan menimbun barang juga dapat merugikan orang lain yang ada di sekitarnya. Adanya tumpukan barang yang tidak terpakai menyebabkan lingkungan jadi kotor dan buruk bagi kesehatan.

Merasa cemas saat harus membuang barang

Selain itu, seorang penimbun barang juga merasa cemas dan takut saat harus membuang barang, karena berpikir bahwa akan ada hal-hal buruk terjadi apabila ia membuang barang tersebut. Bahkan, ada juga yang bisa sampai mengalami stres saat harus membuang tumpukan barangnya.

Tidak hanya resah dan stres, ia juga akan marah bila ada orang yang berusaha membersihkan tumpukan barangnya. Seorang penimbun barang juga akan gampang curiga kepada orang lain yang menyentuh barang kepunyaannya.

Semua itu karena penimbun barang meyakini bahwa barang-barang tersebut unik, dan akan dibutuhkan suatu hari. Bahkan, mereka merasa aman ketika dikelilingi tumpukan barang tersebut.

Tidak hanya melulu tentang menimbun barang yang tidak jelas dan tidak bernilai, gejala hoarding juga bisa berupa tindakan kompulsif, seperti selalu membeli barang apa pun yang diskon, mengoleksi selebaran yang didapat di mall, atau mencari barang-barang yang menurutnya unik padahal sebenarnya tidak memiliki faedah.

Sulit memutuskan sesuatu

Sikapnya yang sulit untuk membuang barang, akhirnya juga mengakibatkan kesulitan untuk membuat keputusan pada hal-hal lain di dalam hidup. Seorang penimbun barang akan membutuhkan waktu lebih lama saat membuat keputusan, terlebih apabila sudah berhadapan dengan barang-barang yang ia kumpulkan. 

Contohnya, saat ia harus mengeluarkan pakaian lama dan tidak terpakai dari lemarinya, akan ada banyak pilihan yang melintasi otaknya. Haruskah pakaian itu ia buang, ia permak di penjahit, berikan kepada orang lain, atau ia simpan saja? Seorang hoarder akan memikirkan banyak kemungkinan hingga sulit untuk membuat keputusan.

Tidak hanya sulit membuat keputusan, seorang hoarder juga kesulitan saat harus merencanakan sesuatu, dan cenderung menunda-nunda serta menghindar. 

Seorang penimbun barang mungkin tidak menyadari bahwa apa yang ia lakukan termasuk gangguan kejiwaan. Padahal, kebiasaan tidak baik ini menyulitkan si penderita, dan dapat berdampak buruk pada hidupnya. 

Salah satu penanganan yang bisa dilakukan untuk mengetahui apakah seseorang mengidap hoarding disorder ialah dengan menemui psikiater, dan mendapatkan treatment yang tepat, seperti konsultasi dan terapi perilaku kognitif.

Related

Psychology 7169525661433057883

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item