Ini Penyebab Perempuan Manado Sangat Cantik dan Mempesona


Naviri Magazine - Ada banyak suku di Indonesia, dan masing-masing suku memiliki ciri fisik yang unik serta khas. Perempuan suku Jawa, misalnya, memiliki pesona yang khas, sebagaimana perempuan dari suku lain. Dalam hal itu, perempuan Manado telah lama dikenal sangt cantik dan mempesona.

Kenyataannya, ada banyak artis terkenal Indonesia yang cantik dan mempesona, yang berasal dari Manado. Sebut saja seperti Jessica Mila, Angel Karamoy, Shandy Aulia, Julie Estelle, Velove Vexia, Mikha Tambayong, Nagita Slavina, dan lain-lain.

Kenapa perempuan-perempuan Manado terkenal sangat cantik? Berikut ini uraiannya.

Perempuan Manado memiliki kulit putih dan mulus

Perempuan Manado sebagian besar memiliki kulit bersih, yang seringkali diidentikkan dengan putih dan mulus. Banyak yang menyebut hal itu disebabkan kawasan pengunungan yang dingin mendominasi daerah Provinsi Sulawesi Utara. Udara dingin menyebabkan kelembapan kulit terjaga, dan terbebas dari paparan sinar matahari, sehingga terciptalah kulit bersih, putih, dan mulus.

Faktanya, daerah Manado didominasi pantai, dan perempuan yang tinggal di pantai kulitnya tetap putih. Sebenarnya tidak semuanya putih, ada juga yang sawo matang. Hanya saja, sebagian besar perempuan Manado, khususnya dari suku Minahasa yang dominan di daerah ini, memang kulitnya cenderung putih dan mulus.

Menurut Vebry Daendra, tokoh pemuda yang berprofesi sebagai pengacara berdomisili di Manado, kulit putih dan mulus itu dipengaruhi faktor keturunan dan kebiasaan masyarakat yang turun-temurun mengajarkan perempuan harus hidup bersih dan rapih. 

“Orang Manado, termasuk perempuan Manado, memang terkenal suka bersolek. Sebenarnya bukan bersolek, tetapi lebih kepada keinginan untuk tampil rapih dan cantik,” ungkap pria berdarah Jawa-Palu tersebut.

Tidak heren jika Anda berbaur dengan masyarakat pedesaan di sekitar Kota Manado, masih akan menemukan perawatan kecantikan menggunakan bahan-bahan tradisional. Misalnya, merawat rambut menggunakan parutan kelapa, yang mengunakan alat cukur khusus (disebut kukuran), sehingga parutan kelapa lebih kasar.

Parutan kelapa itu juga dipakai untuk membersihkan kulit, dengan aplikasi seperti mengunakan lulur. Selain itu, perempuan Manado terbiasa mandi dua kali sehari, minimal pagi dan malam. 

Demikian juga dalam perawatan tubuh, mulai dari masker wajah dengan ramuan daun-daunan atau buah-buahan, sampai cara mengosok kaki di batu (batu sungai), supaya tidak ada kapalan di telapak atau tumit kaki.

Di zaman sekarang, banyak perempuan Manado yang ke salon atau membeli peralatan dan produk-produk kecantikan, sesuai mode terbaru. Anda pasti akan menemukan gadis desa atau perempuan Manado yang memiliki alat catok rambut atau berbagai lipstik di rumahnya, yang hanya berdinding kayu bahkan beratap rumbia!

“Merawat diri itu sudah diajarkan dari kecil dan turun-temurun bagi perempuan Manado dan orang Manado umumnya. Hanya saja, saat ini bergeser menjadi gaya hidup, sehingga ada istilah ‘biar kalah nasi jangan kalah aksi’, yang artinya biar tidak makan asalkan bisa membeli baju atau mengikuti perkembangan fashion yang terbaru,” ujar pria yang juga beristri perempuan Manado ini.

Perempuan Manado memiliki kecerdasan di atas rata-rata 

Doktor Mieke Imbar, MPd, dosen sejarah dari Universitas Negeri Manado (Unima), mengatakan perempuan Manado memiliki banyak talenta. Bukan hanya soal kecantikan, tetapi juga kecerdasan.

“Banyak perempuan berdarah Manado yang mempunyai peranan penting dalam perjuangan bangsa ini. Catatan sejarah menyebutkan beberapa nama perempuan pejuang, antara lain yang sangat dikenal, Maria Walanda Maramis sebagai pejuang kemajuan dan emansipasi perempuan di dunia politik dan pendidikan. 

“Banyak juga perempuan pejuang yang tidak tercatat dalam buku sejarah, namun sebenarnya punya prestasi yang menbanggakan dan patut jadi teladan bagi perempuan lain,” ungkapnya.

Sejarah membuktikan, dokter perempuan pertama di Indonesia adalah Marie Thomas. Dia perempuan kelahiran Likupang, (berjarak 90 menit dari Kota Manado) pada 17 Februari 1896 dari pasangan suami-istri Adriaan Thomas dan Nicolina Maramis.

Bukan itu saja, Marie Thomas memilih bidang spesialisasi yang bukan kategori mudah dalam ilmu kedokteran, yaitu ginekologi dan kebidanan. Setelah menikah dengan Mohammad Yusuf, pria asal Padang, Marie mendirikan sekolah kebidanan pertama di Sumatera.

Pada 1898, ada juga dr Anna Warouw yang mengikuti jejak Marie Thomas menjadi dokter. Hingga saat ini, banyak tokoh perempuan asal Manado yang memberi sumbangsih bagi negara ini. Bidang olahraga ada Lilyana Natzir di Bulutangkis, soft tenis ada Anadeleyda Kawengian, voli ada Aprillia Manganang dan Amasya Manganang, serta lainnya.

Begitu juga dalam ajang pencarian bakat menyanyi yang sedang tren saat ini. Ada Anneth, gadis belia asal Manado yang memenangkan kompetesi bergengsi itu.
 
Juga banyak selebriti papan atas yang berdarah Manado, sebut saja Lidya Kandou, Tessa Kaunang, Angel Karamoy, Shandy Aulia, Julie Estelle, Velove Vexia, Mikha Tambayong, Nagita Slavina, Jessica Mila, Felcia Angelista, Amanda Manoppo, dan masih banyak lagi.

Hingga saat ini, banyak politisi perempuan muncul dari Manado, seperti Aryanthi Baramuli Putri, Vanda Sarundajang, Paula Sinjal, dan Angelina Sondakh, yang juga pernah menjadi Putri Indonesia. 

Provinsi Sulawesi Utara bahkan dikenal sebagai provinsi dengan banyak kepala daerah perempuan dan cantik. Sebut saja Bupati Minahasa Selatan, Tetty Paruntu, Bupati Minahasa Utara, Vonny Panambunan, dan Wakil Bupati Tomohon, Syerly Adelyn Sompotan (SAS).

Tidak heran juga jika banyak pejabat, pengusaha, bahkan perwira-perwira TNI dan Polri yang memilih perempuan Manado untuk menjadi istrinya. Bukan itu saja, ada banyak perempuan Manado yang dipersunting warga negara asing (WNA). 

“Paras yang cantik dibarengi kecerdasan, akan membuat seorang perempuan benar-benar memesona selayaknya putri atau ratu sebuah kerajaan, yang dilatih dan dirawat sedemikian rupa,” ungkap Dr. Meike.  

Related

Indonesia 4227977607206877550

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item