Ini Penyebab Wanita Berselingkuh dari Suaminya, Menurut Psikolog


Naviri Magazine - Selain harus menyiapkan kondisi fisik, pasangan yang akan menikah juga memerlukan kesiapan mental yang kuat. Bukan tanpa alasan, hal ini karena pernikahan merupakan tentang bagaimana setiap pasangan saling berusaha dan bekerja sama untuk menjaga komitmen.

Setelah menikah dan membina rumah tangga selama bertahun-tahun, akan ada suatu kemungkinan jika pasangan memiliki fase kejenuhan. Ini dianggap wajar karena merasakan rutinitas yang sama secara berulang setiap hari.

Dijelaskan psikolog klinis dewasa, Wulan Ayu Ramadhani, M.Psi, kejenuhan dalam pernikahan mulai terasa ketika emosi-emosi yang menyenangkan dianggap sudah jarang atau tidak lagi dirasakan.

"Misalnya, ada konflik sama yang terus berulang, mulai merasa hubungannya menjauh, lebih fokus pada anak, dan lupa pada kebutuhan sebagai diri sendiri dan pasangan, tidak memiliki waktu untuk mengembangkan diri, serta hal lainnya," katanya.

Untuk mengatasi kejenuhan, biasanya seseorang akan mulai mencari jalan keluar. Ada yang mulai melirik orang lain dan berselingkuh. Perselingkuhan memang bisa dijadikan sebagai jalan keluar, namun ini hanya berlaku sementara.

"Idealnya, jika isu kejenuhan ada di dalam pernikahan, maka pasangan perlu membicarakan dan mencari tahu penyebab kejenuhan dan cara mengatasinya bersama. Jika ini tidak dapat dilakukan, perlu adanya evaluasi terhadap individu dan relasi dalam pernikahan itu sendiri. Bukan tidak mungkin situasi yang sama akan terulang kembali, jika isu sebenarnya tidak tertangani dengan baik," tuturnya.

Dalam penjelasannya, Wulan mengatakan, hal yang memungkinkan terjadinya sebuah perselingkuhan adalah karena adanya peluang. Hal ini juga didukung dengan adanya kebutuhan yang tak terpenuhi dari pasangan.

"Kebutuhan ini seperti kebutuhan untuk dihargai, kebutuhan untuk dikagumi, diperhatikan, dilindungi, menghindari konflik, kebutuhan untuk menunjukkan adanya power, dan sebagainya," terangnya.

Related

Relationship 7611606155468039258

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item