Inilah 10 Tempat dengan Ekosistem Paling Unik di Dunia (Bagian 2)


Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Inilah 10 Tempat dengan Ekosistem Paling Unik di Dunia - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik dan urutan lebih lengkap, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Mount Roraima

Sebuah “gunung meja” ditemukan di dataran tinggi Guyana di Amerika Selatan. Tepi yang tertinggi (2772 m/9094 ft) dan paling terkenal adalah Gunung Roraima.

Karena gunung benar-benar diisolasi dari tanah hutan, hampir sepertiga dari spesies tanaman hidup di Roraima berevolusi di sana, menjadi bentuk yang unik di dataran tinggi.

Gunung Roraima telah terkenal pada tahun 1912, ketika Sir Arthur Conan Doyle menulis novel fiksi yang berjudul The Lost World.

Dia menggambarkan pendakian gunung Roraima oleh sebuah ekspedisi untuk mencari tanaman prasejarah dan dinosaurus, yang ternyata mereka hidup terisolasi dan tidak berubah selama jutaan tahun di puncak gunung.

Christmas Island

Dinamakan pada 1643, tahun penemuannya, Christmas Island merupakan wilayah Australia di Samudera Hindia. Pulau ini terletak 2.600 kilometer (1.600 mil) barat laut kota Perth.

Kota ini memiliki populasi sekitar 1.400 jiwa. Geografis yang terisolasi dan sejarah gangguan manusia yang minimal di pulau, menyebabkan endemik yang tinggi di antara flora dan fauna di sana.

Spesies endemik pulau yang paling terkenal mungkin kepiting merah. Meskipun terbatas pada wilayah yang relatif kecil, diperkirakan sampai saat ini terdapat 120 juta kepiting merah hidup di pulau itu, sehingga menjadi yang paling melimpah dari 14 spesies kepiting darat di Christmas Island.

Migrasi massal tahunan kepiting merah ke laut untuk bertelur, disebut sebagai salah satu keajaiban dunia alami, dan berlangsung setiap tahun, sekitar November.

Socotra

Socotra atau Soqotra, sebuah daerah di lepas pantai Yaman, adalah kepulauan kecil dari empat pulau di Samudera Hindia. Pulau terbesar, juga disebut Socotra, mempunyai luas sekitar 95% dari daratan kepulauan.

Pulau ini sangat terpencil, dan terletak sekitar 240 kilometer (150 mil) timur Tanduk Afrika, dan 380 km (240 mil) selatan Semenanjung Arab.

Isolasi waktu geologi di kepulauan Socotra dan panas serta kekeringan, telah memberikan kontribusi untuk menciptakan ekosistem yang unik dan menakjubkan.

Survei telah mengungkapkan bahwa lebih dari sepertiga dari 800 atau lebih spesies tanaman di Socotra tidak ditemukan di tempat lain.

Komodo National Park

Taman Nasional Komodo adalah taman nasional di Indonesia, terletak di Kepulauan Sunda Kecil. Taman mencakup tiga pulau utama Komodo, Padar, dan Rincah, dan 26 yang lebih kecil.

Taman ini awalnya didirikan untuk melestarikan Komodo Naga yang unik, kadal terbesar di dunia. Sejak itu, tujuan konservasi diperluas untuk melindungi seluruh keanekaragaman hayati, baik laut dan darat.

Komodo adalah reptil hidup terbesar dan bisa mencapai 3 meter atau lebih panjangnya, dan beratnya lebih dari 70 kg. Karena ukuran mereka, kadal ini mendominasi ekosistem pulau tempat mereka tinggal.

Meskipun Komodo kebanyakan makan bangkai hewan yang mati, mereka predator tangguh, dan berburu mangsa termasuk burung dan mamalia.

Galapagos Islands

Kepulauan Galapagos adalah kepulauan kecil yang termasuk pulau vulkanik di Ekuador, di Samudra Pasifik bagian timur. Pulau-pulau yang cukup terpencil dan terisolasi, terletak sekitar 1.000 km (620 mil) barat Amerika Selatan.

Kepulauan Galapagos terdiri dari 15 pulau utama, tiga pulau yang lebih kecil dan 107 pulau batu, dan tersebar di sekitar khatulistiwa.

Kepulauan Galapagos terkenal di dunia karena ekosistem yang unik, dan pulau yang merupakan sumber inspirasi bagi teori seleksi alam oleh Charles Darwin.

Kura-kura raksasa, singa laut, penguin, iguana laut, dan spesies burung yang berbeda, semua dapat dilihat dan didekati.

Kontrol ketat terhadap akses wisata diselenggarakan dalam rangka melindungi habitat alam. Pulau-pulau saat ini menerima rata-rata 60.000 pengunjung per tahun.

Related

Traveling 4868150734909337595

Recent

item