Jangan Pernah Dekati, Ini 10 Hewan Paling Beracun di Dunia (Bagian 1)

Naviri Magazine - Katak poison dart adalah katak indah yang memiliki kulit berwarna-warni. Namun, di balik penampilan yang indah itu tersim...


Naviri Magazine - Katak poison dart adalah katak indah yang memiliki kulit berwarna-warni. Namun, di balik penampilan yang indah itu tersimpan racun yang amat mematikan, sampai-sampai masyarakat Indian menggunakan racunnya sebagai peralatan perang, dengan menorehkannya pada ujung panah mereka.

Racun atau bisa yang berbahaya tidak hanya terdapat pada ular dan kalajengking sebagaimana yang kita tahu, namun ternyata juga terdapat pada hewan-hewan lain, semisal ubur-ubur, siput, gurita, laba-laba, juga ikan. Berikut ini uraiannya.

Ubur-ubur kotak (Box jellyfish)

Di antara hewan-hewan lain yang memiliki racun mematikan, ubur-ubur kotak menempati peringkat teratas. Sejak tahun 1954, tercatat ada 5.567 kematian manusia yang disebabkan racun ubur-ubur tersebut. 

Hewan berbahaya ini banyak dijumpai di perairan Asia dan Australia. Ketika menyengat, racun hewan itu akan menyerang jantung, sistem saraf, dan sel kulit. 

Korban biasanya akan shock setelah tersengat ubur-ubur tersebut, tenggelam, atau meninggal karena gagal jantung sebelum mereka sempat meminta pertolongan. Sementara beberapa korban yang hidup setelah tersengat ubur-ubur itu harus dirawat di rumah sakit sampai berminggu-minggu.

Raja kobra (King cobra)

Ular berbisa yang juga disebut Ophiophagus hannah ini sudah terkenal sebagai reptil berbahaya yang mematikan. Ular itu dapat tumbuh hingga 5,6 meter (18,5 kaki), dan racunnya dapat melumpuhkan seekor gajah Asia dalam waktu tiga jam, jika tergigit pada bagian leher.

Sebenarnya, racun raja kobra tidak lebih beracun dari ular jenis lain, namun reptil ini dapat menyuntikkan racun lima kali lebih banyak dibanding ular mamba hitam, misalnya, sehingga efeknya menyebabkan kematian lebih cepat lima kali dibanding ular mamba hitam.

Dalam bahasa Latin, Ophiophagus memiliki arti “pemakan ular”, karena raja kobra memang memakan ular lainnya untuk bertahan hidup. Reptil mengerikan ini dapat ditemukan di selatan dan tenggara Asia, dan hidup di hutan daerah dataran tinggi.

Ular Inland Taipan (Inland Taipan snake)

Selain raja kobra, ular Inland Taipan dari Australia juga dianggap sebagai ular berbisa yang sangat mematikan. Racun dalam satu gigitannya dapat membunuh banyak orang sekaligus, atau sekelompok tikus berjumlah ribuan. Efek racunnya diperkirakan 200 sampai 400 kali lebih berbisa dibanding racun ular kobra. 

Ketika seseorang tersengat ular ini, kematian hampir dapat dipastikan akan menjemputnya dalam waktu 45 menit, kecuali jika segera mendapatkan pertolongan medis. Yang cukup melegakan, pada saat ini penawar racun ular itu telah ditemukan, sehingga korban tewas akibat gigitannya dapat dibilang sangat jarang.

Siput marbled cone (Marbled cone snail)

Siput ini tidak jauh beda dengan jenis siput lain—sama-sama lamban. Bedanya, siput satu ini memiliki racun yang amat mematikan. Satu tetes racunnya dapat membunuh lebih dari 20 manusia dewasa. 

Ketika tersengat oleh racunnya, efek yang timbul bisa secara spontan, namun kadang pula butuh beberapa saat. Gejala yang biasa dialami adalah sakit luar biasa pada bagian yang tersengat, pembengkakan, mati rasa, dan perasaan yang tidak enak. Kasus paling parah yang pernah ditemukan adalah kelumpuhan otot, perubahan penglihatan, dan kegagalan pernapasan.

Hewan yang hidup di perairan asin ini bertanggung jawab atas lebih dari 30 kasus kematian manusia akibat racunnya, yang sampai saat ini belum ada penawarnya.

Gurita lingkaran biru (Blue ringed octopus)

Gurita lingkaran biru hanya berukuran sebesar bola golf. Namun ini gurita paling beracun di dunia, karena racun yang dimilikinya dapat membunuh 26 manusia dewasa dalam beberapa menit. Yang lebih parah lagi, sampai saat ini belum ditemukan obat yang dapat digunakan sebagai penawar racunnya.

Baca lanjutannya: Jangan Pernah Dekati, Ini 10 Hewan Paling Beracun di Dunia (Bagian 2)

Related

Science 7074613828324792152

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item