Keajaiban Pohon Eucalyptus: Bisa Membakar Seluruh Kawasan Hutan dan Tetap Selamat


Naviri Magazine - Seiring makin banyaknya penelitian dan studi yang dilakukan, semakin terbukti bahwa tanaman memang memiliki semacam inteligensi. Meski mereka hanya berdiam di satu tempat dan tidak memiliki rencana-rencana seperti hewan, namun tanaman terbukti dapat tumbuh, membakar, saling bekerjasama, bahkan kadang membalas dendam.

Pohon eucalyptus, misalnya, memiliki metode pertahanan diri sekaligus kerjasama yang menakjubkan. Ketika pohon-pohon itu merasa perlu melindungi wilayah mereka—misalnya karena kedatangan sepasukan hama—eucalyptus akan membumihanguskan seluruh kawasan hutan, dalam arti sebenarnya. Pohon eucalyptus tidak hanya kebal terhadap kebakaran hutan, tapi juga bisa menjadi penyebabnya.

Eucalyptus adalah pohon yang tetap bisa bertahan setelah amukan api memusnahkan kehidupan hutan di sekitarnya. Hal itu dimungkinkan, karena mereka memiliki batang yang tersembunyi jauh di dalam kulit-kulit mereka, yang akan keluar setelah asap kebakaran memudar. 

Eucalyptus mengandung semacam minyak yang sangat mudah terbakar, dan pohon itu benar-benar dapat meledak ketika mereka terbakar, mirip yang terjadi kalau kita menjentikkan puntung rokok ke aliran bensin.

Ketika kawanan hama atau serangga menyerang tempat mereka, eucalyptus akan menghasilkan gas berupa awan abu-abu kebiruan yang menguap, yang bisa naik seperti bola api. Ketika bola-bola api itu terkena sengatan panas matahari, reaksi yang terjadi adalah ledakan, dan kebakaran. 

Kasus paling terkenal adalah yang terjadi di California pada 1991, ketika salah satu perkebunan eucalyptus di sana mengalami kebakaran hebat, yang merembet ke lokasi lain hingga menghanguskan 3.000 rumah.

Related

Science 6883817592878494749

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item