Kesepian ternyata Punya Dampak Berbahaya Bagi Kesehatan


Naviri Magazine - Kesepian dan terisolasi secara sosial ternyata sama bahayanya seperti kemiskinan dan tak mempunyai rumah, bagi kesehatan. Demikian laporan yang disampaikan oleh Holyrood, seperti dilansir oleh BBC.

Anggota dari Equal Opportunities Committee menyerukan kepada pemerintah Skotlandia untuk memprioritaskan kesepian sebagai agenda kesehatan, dan segera menerapkan strategi nasional untuk mencegah masalah ini.

Sebuah laporan yang diterbitkan baru-baru ini, seperti diwartakan Independent, memerintahkan agar para lansia menemui dokter pribadi mereka untuk mencari teman. Organisasi itu juga menjelaskan adanya seorang wanita yang terisolasi secara sosial, sehingga dia hidup tanpa listrik selama berbulan-bulan.

Dalam penelitian ini, seorang anggota komite menemukan cerita dari para pekerja yayasan yang mengatakan bahwa jumlah orang yang menderita kesepian semakin meningkat. Menurut cerita itu, ada seorang pria yang "duduk di atas bis sepanjang hari berkeliling kota, karena hanya itu yang bisa dia lakukan, dan memang naik bis itu gratis."

Margaret McCulloch, anggota parlemen Skotlandia yang menjadi anggota komite itu, mengatakan kepada ThirdForceNews, "Laporan ini menggambarkan bagaimana stigma yang saat ini dihadapi oleh masyarakat, dan betapa sulitnya kesepian. Berapa pun usia Anda, tidak seharusnya untuk tidak mencari bantuan."

"Kurang gizi akan semakin parah jika terjadi isolasi sosial pada lansia, dan memang ada hubungan antara kesepian dengan tingkat demensia," ujar McCulloch seperti dikutip DailyRecord.

Pendapat McCulloch senada dengan studi yang dilakukan Brigham Young University, yang menunjukkan bahwa perasaan subjektif kesepian meningkatkan risiko kematian hingga 26 persen.

Studi yang diterbitkan dalam Perspectives on Psychological Science menyebutkan bahwa isolasi sosial—atau hilangnya hubungan sosial—dan hidup sendiri ternyata lebih berbahaya daripada kesehatan seseorang daripada perasaan sepi. Masing-masing meningkatkan risiko kematian hingga 29 persen dan 32 persen.

Sementara itu, penelitian dari Harvard University menyebutkan bahwa bahaya kesepian paling mengerikan adalah rentan terkena serang jantung, yang bisa menyebabkan kematian mendadak.

Related

Psychology 3317536613223240722

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item