Kisah Inspiratif Orang Kaya yang Jatuh Miskin, Kaya Lagi, Jatuh, dan Bangkit Lagi (Bagian 1)


Naviri Magazine - Sebagaimana yang dikatakan oleh pepatah, ‘Sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit’, maka tak jauh beda dengan apa yang kita lakukan dengan hal ini. Seribu langkah selalu dimulai dengan langkah pertama, begitu pula jumlah yang besar selalu dimulai dengan jumlah yang kecil terlebih dulu. 

Jadi yang penting adalah memulainya. Karenanya, tak perlu berkecil hati jika kita hanya dapat menyisihkan sedikit saja dari penghasilan kita untuk menabung ini, karena yang paling penting bukanlah semata-mata jumlahnya, namun kerutinan atau keteraturannya. Lebih baik kecil namun rutin, daripada besar namun tidak rutin.

Untuk hal ini, kita bisa belajar pada kisah perjalanan hidup seorang jutawan Amerika asal Vietnam bernama Le Van Vu…

Le Van Vu adalah seorang lelaki yang lahir dari sebuah keluarga kaya yang tinggal di Vietnam. Keluarganya memiliki hampir sepertiga dari semua bisnis yang ada di wilayah Vietnam Utara, dari bisnis perindustrian sampai bisnis real estate. 

Sampai kemudian terjadi pergolakan politik di Vietnam yang berakhir dengan terbunuhnya ayahnya, dan Le Van Vu beserta keluarganya pun pindah ke Vietnam Utara. Di sana ia bersekolah sampai kemudian menjadi seorang pengacara.

Ketika tentara Amerika semakin banyak yang ditempatkan di daerah Vietnam Selatan, Le Van Vu melihat suatu bisnis yang dapat dilakukannya. Dia pun kemudian membangun rumah-rumah yang ia kontrakkan kepada para tentara yang berada di sana, dan Le Van Vu pun kemudian menjadi seorang kontraktor yang cukup berhasil di sana.

Karena pergolakan politik yang makin memanas, suatu hari ketika dalam perjalanan ke wilayah Utara, Le Van Vu ditangkap oleh tentara di sana dan dipenjarakan selama tiga tahun, karena dicurigai sebagai mata-mata pihak Selatan. 

Karena terjadi suatu huru-hara di penjara, Le Van Vu pun dapat keluar dari penjara dan kemudian melarikan diri ke wilayah Selatan. Namun sesampainya di sana Le Van Vu kembali ditangkap, kali ini oleh tentara Vietnam Selatan, karena dikira sebagai mata-mata dari Vietnam Utara.

Setelah menjalani hukumannya di penjara dan kemudian dibebaskan, Le Van Vu kemudian memulai usaha perikanan. Usaha yang dirintis sekeluarnya dari penjara ini kemudian berhasil menjadi sebuah usaha pengalengan ikan yang cukup besar di daerah Vietnam Selatan.

Namun karena menyadari bahwa kehidupan di Vietnam tidak akan menjadi baik, Le Van Vu berniat meninggalkan negerinya untuk pindah ke Amerika yang ia anggap sebagai tempat yang lebih baik untuk hidup sekaligus menjalankan dan mengembangkan bisnis. 

Karenanya, ketika Amerika mulai menarik pasukan tentaranya di Vietnam untuk kembali ke negaranya, Le Van Vu pun segera mengajak istrinya untuk berkemas-kemas dan mengikuti tentara-tentara Amerika yang akan berlayar kembali ke Amerika.

Namun usahanya gagal. Le Van Vu tak bisa menuju ke Amerika, namun sebagai gantinya dia dapat berlayar ke Filipina untuk kemudian menuju ke Amerika. Namun ini pun bukannya tanpa masalah. 

Untuk dapat meninggalkan negerinya dan menuju ke Filipina, Le Van Vu diharuskan membayar biaya yang amat mahal, dan Le Van Vu pun terpaksa menghabiskan seluruh harta yang dimilikinya untuk dapat membawa dirinya dan istrinya keluar dari Vietnam.

Sesampainya di Filipina, Le Van Vu yang kini miskin memenuhi kebutuhan hidupnya dengan menjadi nelayan yang menangkap ikan di perairan Filipina. Dari hasil pekerjaannya itu, Le Van Vu berupaya untuk dapat menyisihkan penghasilannya untuk menabung dengan tujuan agar dapat sampai di Amerika. Usaha itu membutuhkan waktu dua tahun lamanya.

Ketika akhirnya dia berhasil mengumpulkan uang untuk tujuan itu, Le Van Vu dan istrinya pun segera berangkat meninggalkan Filipina dan berlayar menuju Amerika. Sekali lagi Le Van Vu kehilangan semua uang yang dikumpulkannya selama ini untuk membiayai perjalanannya.

Baca lanjutannya: Kisah Inspiratif Orang Kaya yang Jatuh Miskin, Kaya Lagi, Jatuh, dan Bangkit Lagi (Bagian 2)

Related

Inspiration 1873664061436304886

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item