Kisah Istri yang Dijatah Uang Belanja Rp 30 Ribu per Hari: Untuk Masak, Jajan Anak, Plus Nabung


Naviri Magazine - Seorang suami menafkahi keluarga wajib dilakukan. Sementara istri dituntut untuk bisa mengatur keuangan dalam rumah tangga. Namun bagaimana jika seorang suami memberikan uang belanja hanya sebesar Rp 30 ribu per hari?

Inilah yang dialami seorang ibu yang berbagi kisahnya di grup Facebook 'Berbagi Resep Makanan’. Kisah ini berawal ketika seorang anggota grup bernama Afit Abiedin memberikan pertanyaan uang belanja yang biasanya diterima oleh para istri.

"Ibu-ibu mau nanya dong, ibu-ibu paling sedikit uang belanja per harinya berapa?" tanya akun Facebook Afit Abiedin.

Lalu akun Facebook Mamah'e Faradiza menjawab di kolom komentar. Ia menuliskan dirinya mendapatkan uang belanja Rp 30 ribu per hari, termasuk untuk makan dan jajan ketiga anaknya.

"30 ribu bun sehari, buat makan ber 3 sama buat nabung dan jajan anak," balasnya. 

Jawabannya ini membuat anggota grup lainnya terheran-heran. Karena dia bisa mengatur uang belanja Rp 30 ribu itu dengan baik tanpa drama alias mengeluh.

Nama asli akun Facebook Mamah'e Faradiza ialah Setia Fani Andri Kirana. Dalam unggahannya, dia pun menuturkan jika zaman sekarang harus bisa berhemat dan pintar mengontrol uang belanja.

Saat dikonfirmasi, Setia Fani Andri Kirana mengungkapkan tentang bagaimana dia mengatur uang belanja Rp 30 ribu per hari. Ia mengaku lebih mementingkan membuat makanan yang sederhana tapi tetap membuat suami dan anak bahagia.

"Saya biasanya belanja setiap hari. Tipsnya sih tergantung pada kita ya, kalau orang-orang bilang masak buat suami itu harus yang enak-enak. Tapi bagi saya sama suami masak nggak perlu enak, sederhana yang penting hidup bahagia, itu sudah cukup. Kalau belanja sih seadanya, kadang ya sayur, kadang-kadang ya masak ikan, kalau bumbu-bumbu aku sedia terus setiap hari, karena suami juga jualan," ungkap Fani.

Wanita asal Semarang, Jawa Tengah ini menuturkan jika sebelumnya sudah mempersiapkan kebutuhan rumah tangga lainnya. "Paling cuma beras, anak Alhamdullilah tidak pakai susu formula jadi lebih irit," tambahnya.

Saat ditanya bagaimana caranya mengelola uang belanja, Fani mengungkapkan Rp 30 ribu yang diberikan suaminya biasanya dia belanjakan sayur dan lauk-pauk.

"Buat beli sayur terus sama lauk. Kayak tahu, bakso, tempe atau tahu. Terus buat jajan anak paling nggak menyisihkan uang Rp 10 ribu per hari buat nabung," lanjut Fani.

Di akhir wawancara, Fani pun tak menampik jika uang belanja yang diberikan oleh suaminya tidak cukup. Namun dalam kondisi perekonomian seperti ini, ia harus bisa memutar otak.

"Kalau dibilang kurang yang sebenernya kurang. Tapi saya lihat sisi lainnya. Suami pedagang kaki lima mendapatkan uang Rp 2 ribu rupiah itu susah, apalagi di kondisi seperti ini. Kesulitan banyak, saya sama suami hidup nge-kos, nggak rumah sendiri. Kadang sampai cuma makan seadanya demi mencukupi kebutuhan anak dan tempat tinggal. Tapi saya mengajukan bantuan UMKM tidak ada respons. Padahal saya nggak pernah hutang apalagi dapat bantuan lainya, saya belum pernah dapat," pungkasnya.

Related

Romance 421213134211820606

Recent

item