Kisah Kerajaan Persia, Kekaisaran Terbesar Sepanjang Sejarah


Naviri Magazine - Kerajaan Persia (550 SM–330 SM), Iran Kuno, adalah perkembangan dari kerajaan Median, mengatur sebagian besar wilayah arab dan sekitarnya. Median dan Persia juga dikenal sebagai kerajaan Medo-Persia, yang merupakan gabungan dari kerajaan-kerajaan sebelum masanya. Dibangun oleh Sirus Yang Agung, dan menguasai beberapa benua, yaitu Asia, Eropa, dan Afrika.

Pada masa puncaknya, kerajaan ini meliputi wilayah Iran, Afganistan, Pakistan, beberapa bagian Asia tengah, Asia Kecil, Thrace (Eropa Tenggara-Balkan), dan Makedonia, sebagian besar wilayah sekitar Laut Hitam, Irak, Arab Utara, Yordania, Palestina, Israel, Lebanon, Syria, Mesir Kuno, sampai ke Libya. 

Dalam sejarah bangsa Barat, kerajaan ini tercatat sebagai musuh kerajaan Yunani dalam Perang Greco-Persia, sebagai antisipasi dari budak termasuk di antaranya bangsa Yahudi sebagai tahanan bangsa Babilonia, dan kemauan untuk penggunaan bahasa yang sama dalam wilayah ini.

Kerajaan Persia kemudian diserang oleh Aleksander III dari Makedonia, dan sesudah itu kerajaan ini pun runtuh dan tercerai-berai pada 330 SM, menjadi Kerajaan Ptolemaic (Mesir) dan Kerajaan Seleucid. Kerajaan ini adalah kerajaan terbesar dalam sejarah. Pada masa puncak kejayaannya, wilayahnya melampaui 8.000.000 km persegi.

Related

History 3760308643886216264

Recent

item