Manfaat Konsumsi Vitamin C dan K untuk Kesehatan Gigi dan Gusi


Naviri Magazine - Mengonsumsi makanan yang kaya vitamin C dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan infeksi gusi yang menyebabkan gusi berdarah. Sebaliknya, tidak mendapatkan cukup vitamin C dapat memperburuk perdarahan apabila memiliki penyakit gusi. 

Faktanya, kekurangan vitamin C juga dapat menyebabkan perdarahan gusi bahkan jika sudah mempraktikkan kebiasaan oral (sikat gigi) yang baik. Vitamin C bisa didapatkan dengan konsumsi jeruk, ubi jalar, paprika merah, wortel, maupun suplemen vitamin. Sebagai antioksidan kuat, vitamin C memperkuat jaringan ikat dan melindungi lapisan gusi. 

Jumlah vitamin C harian yang disarankan untuk orang dewasa adalah antara 65 dan 90 miligram per hari. Selain vitamin C, Vitamin K adalah nutrisi penting karena membantu pembekuan darah. Studi menunjukkan kekurangan vitamin K dapat mempermudah pendarahan termasuk pendarahan gusi. 

Vitamin K dapat didapatkan dengan konsumsi sayuran seperti bayam, sawi, dan kubis. The Office of Dietary Supplements merekomendasikan agar pria dewasa mendapatkan 120 mikrogram dan wanita mendapatkan 90 mikrogram vitamin K setiap hari. 

Related

Health 71276193418561306

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item