Memahami Pentingnya Membawa Alat Pemadam Kebakaran di Dalam Mobil


Naviri Magazine - Musibah mobil terbakar dapat menimpa siapa saja dan kapan saja. Faktor utama, karena korsleting listrik, atau disebabkan oleh hal lain yang memicu timbulnya percikan api kemudian membakar mobil tersebut.

Sebagai langkah awal untuk pencegahan atau penindakan, sebaiknya di dalam mobil terdapat alat pemadam api ringan (APAR).

Dilansir situs Hyundai Indonesia, menggunakan APAR akan menjadi pertolongan pertama saat kendaraan terbakar. Setidaknya, bisa mencegah api menjalar lebih besar ke bagian lain, karena sudah ditindak atau dipadamkan oleh APAR tersebut.

Faktor lain yang mengharuskan menyediakan APAR di dalam mobil, yaitu kebanyakan mobil belum memiliki sensor api, sehingga jika ada percikan api di dalam mesin, pengemudi atau penumpang tidak tahu.

Perlu diketahui juga bahwa penggunaan APAR, seperti yang tertera pada tabung pemadam, yakni pertama tarik pin pengaman, arahkan nozzle atau pangkal selang ke sumber api, tekan pemicu untuk menyemprot, dan ayunkan ke seluruh sumber api.

Ingat juga jika APAR punya masa kadaluwarsa. Pada tabung kemasan APAR biasanya terdapat tanggal masa berlaku yang menjelaskan usia pakai cairan ataupun bubuk pemadam api yang terdapat di dalamnya.

APAR yang habis masa berlakunya atau sudah kadaluwarsa biasanya daya semprot dan fungsi cairan pemadam api yang keluar akan berkurang.

Jadi, jika mobil Anda belum dilengkapi atau tidak ada APAR, sebaiknya sediakan paling tidak satu APAR di dalam mobil. Simpan di bawah jok bagian sopir atau penumpang depan atau belakang.

Saat ini APAR untuk mobil sudah banyak dijual di berbagai toko online atau toko khusus penjual alat pemadam kebakaran. Harganya bervariasi, mulai dari Rp 26 ribu untuk ukutan 500ml, hingga Rp 150 ribu untuk ukuran 1 kilogram. Semakin besar ukurannya, semakin mahal pula harganya.

Related

Automotive 8513658621690879159

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item