Mengenal Aneka Penyebab Gusi Turun, dan Pengobatannya di Dokter Gigi


Naviri Magazine - Gusi turun adalah masalah yang umum pada gigi. Kebanyakan orang tidak tahu kalau mereka mengalami resesi gusi atau gusi turun karena kondisi ini biasanya terjadi secara bertahap. Gejala awal dari gusi turun atau resesi gusi adalah gigi jadi lebih sensitif, kemudian gigi terlihat lebih panjang dari biasanya. 

Ada sejumlah faktor yang bisa menjadi penyebab gusi turun. Berikut beberapa penyebab gusi turun, selain kebiasaan menyikat gigi yang terlalu keras ataupun terlalu sering menggunakan sikat gigi dengan bulu yang tidak lembut. 

Penyakit gusi. Infeksi pada gusi akibat bakteri dapat menghancurkan jaringan pada gusi dan tulang yang menahan gigi. 
 
Faktor genetik. Beberapa orang lebih rentan terhadap penyakit gusi. Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa 30% orang memiliki kecenderungan terhadap penyakit gusi.
 
Kurang memperhatikan perawatan gigi. Jika tidak rutin menyikat gigi, membersihkan sela-sela gigi dengan benang, atau berkumur, hal ini akan membuat plak berubah jadi karang gigi. Hal ini bisa menyebabkan resesi gusi atau gusi turun. 
 
Perubahan hormon. Kadar hormon wanita yang berfluktuasi, yaitu saat pubertas, hamil, ataupun menopause, dapat membuat gusi lebih sensitif dan rentan terhadap resesi gusi atau gusi turun. 
 
Kebiasaan merokok. Perokok aktif cenderung memiliki plak yang sulit untuk dibersihkan, dan dapat menjadi penyebab gusi turun atau resesi gusi. 
 
Menindik bibir atau lidah. Tindik dapat menggesek dan menggosok gusi sehingga terjadi iritasi dan membuat jaringan gusi aus. 

Apa Pengobatan untuk Gusi Turun?

Dokter gigi mungkin akan memberikan perawatan untuk resesi gusi atau gusi turun dengan membersihkan area yang terkena. Dokter gigi lalu akan scaling gigi atau root planing dengan membersihkan secara hati-hati plak serta karang gigi yang telah menumpuk pada permukaan gigi dan akar di bawah garis gusi.

Setelah itu, dokter gigi mungkin juga akan menghaluskan area akar gigi yang terbuka untuk membuat bakteri sulit masuk. Antibiotik juga bisa diberikan untuk menghilangkan bakteri berbahaya. Jika resesi gusi tidak bisa diobati dengan pembersihan mendalam, operasi pada gusi mungkin diperlukan.

Selain kebiasaan menyikat gigi terlalu keras, kamu sekarang juga lebih tahu kan penyebab gusi turun lainnya? Nah, mulai sekarang pilihlah sikat gigi yang lembut dan usahakan untuk tidak terlalu keras saat menyikat gigi.

Related

Health 21935815614844531

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item