Mengenal dan Mewaspadai Penyebab Masalah Gusi Turun


Naviri Magazine - Teknik yang salah dalam menyikat gigi berpotensi menyebabkan terjadinya resesi gingiva. Selain masalah teknik, penggunaan jenis sikat gigi yang salah pun turut berkontribusi dalam hal ini. Oleh karena itu, cara menyikat gigi yang benar dan pemilihan sikat gigi merupakan kunci utama dari masalah resesi gingiva.

Selain kedua hal di atas, kuman pada plak gigi juga dapat menyebabkan peradangan pada gusi. Akibatnya terjadi pergerakan tepi gusi kearah akar gigi. Posisi gigi yang tidak benar seperti miring –berputar atau agak menonjol juga berisiko menyebabkan gusi menjadi lebih tipis. Pada akhirnya hal ini dapat memicu turunnya gusi jika terus berulang.

Penambalan yang tidak tepat serta pergerakan gigi pada saat perawatan orthodontik/behel juga dapat menjadi pemicu resesi gingiva. Penyebab lain yang juga dicurigai adalah cara perawatan gigi yang salah –seperti pengunaan benang gigi (dental floss) dan penggunaan obat kumur yang tidak benar.

Kebiasaan grinding dan clenching yang menimbulkan tekanan pada gigi pun disebut-sebut dapat menyebabkan penurunan gusi. Begitu juga masalah hormonal –seperti pada masa menstruasi, puber, kehamilan, dan menopause.

Related

Health 645485332443576993

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item