Mengenal Pengobatan/Perawatan Periodontal di Tempat Dokter Gigi


Naviri Magazine - Hal utama yang dilakukan untuk perawatan periodontal di tempat dokter gigi adalah memeriksa infeksi gusi, mencegah perkembangan penyakit, dan mengembalikan kesehatan mulut yang baik. Hal ini tergantung pada tingkat penyakit gusi, jenis pengobatan, dan jumlah kunjungan akan bervariasi pada setiap pasien. 

Pengobatan penyakit periodontal bisa dengan sederhana dikategorikan menjadi terapi non bedah dan bedah. Terlepas dari hasil pengobatan, penting bagi pasien untuk menjaga kebersihan mulut yang baik. Di samping itu, berhenti menggunakan tembakau atau merokok, sangat disarankan sebagai cara untuk meningkatkan hasil pengobatan.

Scaling dan root planing (perawatan non-bedah)

Dokter gigi, atau dalam hal ini periodontist, menghapus plak melalui metode deep-cleaning, disebut scaling dan root planing. Scaling berarti menggesekkan alat pembersih tartar dari atas dan bawah garis gusi. Root planing melibatkan penggunaan instrumen khusus untuk menghilangkan deposit kalkulus tangguh dan bakteri di sepanjang permukaan akar gigi, dalam hal ini lokal anestesi diperlukan untuk menghilangkan sakit. 

Setelah root planing, gigi Anda akan mengalami sensitivitas sementara, untuk makanan/minuman dingin. Sementara gusi terinfeksi akan menyembuhkan diri dari waktu ke waktu, dan akan mengekspos sedikit bagian dari permukaan akar atas gigi. Selama hal ini terjadi, Anda dapat menggunakan pasta gigi atau gel/bilasan untuk gigi sensitif.

Bedah gusi (perawatan bedah)

Jika kantong bakteri radang gusi periodontal tidak dapat diobati dengan deep cleansing, periodontist dapat melakukan operasi gusi untuk menghilangkan kantong tartarin atau mengurangi kantong periodontal, dan membuatnya lebih mudah bagi dokter gigi dan ahli kesehatan untuk menjaga kebersihan gusi Anda. 

Tergantung pada kasus gusi individu selama operasi, periodontist Anda mungkin akan menyarankan cangkok tulang atau bahan tissure, atau bahan khusus untuk mengganti atau mendorong pertumbuhan tulang dan jaringan gusi, yang telah hancur oleh periodontitis. 

Perawatan pasca pengobatan

Pengecekan berkala perlu dilakukan, selama interval 3-8 bulan, tergantung pada bagaiman Anda menjaga kebersihan gigi. Jika masih ditemukan kantong bakteri/plak, maka dapat segera ditangani. Perlu diingat, tanpa perawatan yang serius, penyakit ini dapat kembali.

Apa yang harus dilakukan untuk mencegah penyakit periodontal?
  • flossing/membersikan gigi dengan benang khusus
  • menyikat gigi secara teratur, minimal dua kali sehari, dan harus menyertakan sebagian gusi untuk dibersihkan
  • sikat khusus untuk membersihkan daerah yang tidak bisa dijangkau sikat gigi
  • pembersihan profesional oleh dokter gigi minimal 6 bulan sekali
  • jika Anda merokok, dokter gigi mungkin menyarankan Anda untuk berhenti merokok

Ingat, gusi dan tulang mendukung semua akar gigi Anda di tempatnya. Senyum yang indah dimulai dengan gusi yang sehat!

Related

Health 1723683491425678957

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item