Mengenal Planet-planet dalam Sistem Tata Surya


Naviri Magazine - Dalam sistem tata surya terdapat planet yang berjumlah delapan planet. Planet-planet tersebut mengelilingi matahari yang merupakan tata surya paling besar. Setiap planet yang bergerak atau beredar mengelilingi matahari dalam gerak revolusi atau pergerakan planet-planet.

Gerak revolusi setiap planet berbeda-beda dan dalam waktu yang teratur. Mereka juga memiliki lintasan tersendiri. Sehingga planet-planet tidak saling bertabrakan.

Planet yang terdekat dengan Matahari memiliki waktu revolusi yang paling cepat. Sementara planet yang terjauh dari Matahari akan memiliki waktu revolusi paling lama.

Planet-planet pada sistem tata surya

Dikutip dari situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Planet adalah benda angkasa yang tidak memancarkan cahaya sendiri dan beredar mengelilingi matahari.

Planet-planet yang berdasarkan jarak terdekat dengan Matahari adalah, Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.

Matahari merupakan benda panas yang tersusun oleh berbagai gas yang bertekanan tinggi.

Matahari adalah raksasa jika dibandingkan dengan planet yang terbesar sekali pun. Diameter Matahari 109 kali diameter Bumi, yaitu 1,4 juta kilometer. Berat Matahari lebih dari 300.000 kali berat Bumi.

Suhu permukaan Matahari 6.000 derajat celsius yang dipancarkan hingga Bumi. Suhu inti sebesar 15 hingga 20 juta derajat celsius.

Matahari juga memancarkan energi besar gelombang elektromagnet. Gelombang elektromagnet itu, seperti sinar X, sinar gamma, sinar ultraviolet, sinar inframerah, dan gelombang mikro.

Setiap planet mengitari Matahari dalam sebuah lintasan elips, disebut orbit planet. Orbit segenap planet hampir pada bidang yang sama.

Itu merupakan hasil penelitian ilmuwan Jerman, Johannes Kepler pada abad ke-17. Ia telah meneliti gerak planet-planet dalam mengelilingi Matahari, kemudian merumuskannya dalam Hukum Kepler.

Related

Science 3558604861699059283

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item