Mengenal Scaling, Proses Pembersihan Karang Gigi oleh Dokter


Naviri Magazine - Karena karang gigi adalah akumulasi dari penumpukkan plak yang mengeras. Maka membersihkan karang gigi tidak cukup jika hanya dengan sikat gigi saja. Anda harus ke dokter gigi sebagai satu-satunya cara membersihkan karang gigi yang ampuh. 

Dalam istilah medis, cara ini disebut dengan scaling gigi. Scaling gigi dapat membersihkan karang gigi yang sangat keras sekalipun. Pasalnya, cara ini menggunakan alat khusus bernama scaler.

Scaling Gigi Metode Ultrasonic

Semakin canggih teknologi kesehatan, alat untuk membersihkan karang gigi kini sudah ada yang menggunakan metode ultrasonic. yang diberi nama ultrasonic scaler. Alat khusus ini bekerja dengan getaran ultrasonik pada bagian ujungnya yang berbentuk agak runcing. 

Dengan bentuknya yang meruncing di ujung, alat ini mampu membersihkan karang yang ada di sela-sela gigi hingga bagian terdalam yang mungkin sulit dijangkau dengan sikat gigi.

Proses Scaling

Proses scaling gigi harus mengikuti bentuk atau anatomi gigi. Oleh karena itu, cara membersihkan karang gigi tidak boleh dilakukan sembarangan. Prosedur pembersihan karang gigi yang dilakukan tanpa prosedur yang tepat justru akan melukai gusi Anda dan membuat enamel gigi Anda menipis.

Membersihkan karang gigi dengan scaling bisa dilakukan setidaknya enam bulan sekali. Nah, inilah alasan mengapa Anda perlu rutin melakukan pemeriksaan gigi dan mulut setiap enam bulan sekali! 

Dengan rutin melakukan pemeriksaan gigi dan mulut, Anda dapat mengetahui segala perubahan yang terjadi pada gigi Anda, salah satunya terkait penumpukan karang gigi. Jadi, jangan tunggu sampai Anda merasakan sakit gigi dulu baru melakukan konsultasi ke dokter. Apabila kesehatan gigi Anda terpantau secara baik, maka risiko terjadinya berbagai masalah gigi dan mulut pun semakin rendah.

Prosedur Scaling

Prosedur scaling sebenarnya tidak memiliki batas usia tertentu. Siapa saja boleh melakukan prosedur ini asalkan kondisinya dalam keadaan baik. Namun pada anak-anak, scaling gigi umumnya direkomendasikan jika anak sudah memiliki gigi susu lengkap dan giginya memang perlu dibersihkan. Itu sebabnya, selalu konsultasikan ke dokter sebelum Anda ataupun anak Anda melakukan prosedur medis apapun.

Dokter gigi akan mencari tahu apakah si kecil benar membutuhkan scaling gigi atau tidak. Biasanya keputusan ini melibatkan beberapa pertimbangan, termasuk riwayat kesehatan anak. Jangan lupa, selalu tanyakan pada dokter terkait efek samping yang mungkin ditimbulkan dari prosedur scaling gigi. Hal ini dilakukan agar Anda bisa mengurangi risiko yang ada.

Related

Health 6098796722252950829

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item