Mengenal Scaling, Proses Pembersihan Karang Gigi yang Sudah Mengeras


Naviri Magazine - Menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras harus dilakukan sesegera mungkin. Jika dibiarkan, karang gigi dapat menimbulkan berbagai masalah pada gigi dan gusi.

Karang gigi memiliki tanda yang mudah dikenali, karena berwarna kuning kecokelatan dan tampak mengeras pada permukaan gigi yang tampak hingga di bawah gusi.

Karang gigi disebabkan oleh penumpukan plak yang kemudian mengeras. Plak muncul akibat adanya sisa-sisa karbohidrat dan gula yang menumpuk di sela-sela gigi, yang kemudian menjadi sarang berkembangnya bakteri. 

Bila terus dibiarkan, plak akan membentuk karang gigi dan bisa berujung pada munculnya bau mulut, gigi yang lebih sensitif, gigi berlubang, radang gusi, hingga gigi yang tanggal. Karena itu, cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras perlu dilakukan secepat mungkin, yaitu dengan scaling gigi.

Cara menghilangkan karang gigi yang terbukti efektif

Karang gigi tak hanya mengganggu penampilan, namun juga kesehatan mulut. Tapi jangan khawatir, scaling gigi bisa menjadi cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras.

Scaling gigi adalah cara menghilangkan karang gigi yang paling umum, khususnya untuk menangani karang gigi yang banyak serta membandel. Anda hanya dapat melakukan scaling dengan bantuan dokter gigi agar prosesnya aman dan tidak berisiko.

Proses scaling umumnya tidak menimbulkan rasa sakit yang berlebihan, sehingga dokter tidak memberikan bius lokal pada pasien selama menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras.

Selama proses scaling gigi, Anda bisa diminta beberapa kali berkumur. Jangan kaget apabila air yang keluar dari mulut Anda disertai dengan sedikit darah dan serpihan-serpihan seperti karat ketika Anda buang.

Setelah scaling selesai, dokter akan melakukan root planning. Prosedur ini bertujuan membersihkan akar gigi, agar gusi bisa kembali menempel dengan sempurna pada akar gigi.

Di samping itu, dokter bisa saja membubuhkan obat tertentu ke dalam gusi seperti iodine, apabila perdarahan yang terjadi cukup banyak. Pemberian obat tersebut akan membantu supaya pemulihan bisa berjalan dengan lebih cepat sekaligus mencegah infeksi pascaprosedur scaling.

Saat ini, dokter gigi sudah menggunakan alat berjenis ultrasonic scaler untuk menghilangkan karang gigi di mulut, sehingga prosesnya bisa lebih cepat dan mudah. 

Related

Health 8704892125152797442

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item