Mengenal Spesifikasi dan Jenis-jenis Server untuk Tujuan Bisnis


Saat mulai merintis bisnis startup, jangan pernah menyepelekan pemilihan jenis server yang akan digunakan. Karena hal tersebut dapat menjadi faktor yang menentukan keberhasilan bisnis Anda di masa depan. Hal yang harus dipertimbangkan pertama kali sebelum memilih jenis server adalah mencari tahu kebutuhan Anda.

Apakah server akan digunakan untuk keperluan rumit, sedang, atau hanya digunakan untuk penyimpanan data. Dengan mencari tahu kebutuhan di awal, Anda kemudian bisa menentukan jenis server yang cocok untuk bisnis Anda.

Berdasarkan kebutuhan, jenis server dibagi ke dalam empat kategori, yaitu Value server, Midrange server, Blade server, dan Enterprise server. Seperti apa fungsi dan kemampuan server tersebut?

Value server

Value server biasa juga dikenal dengan nama entry-level server. Server jenis ini biasa digunakan dalam sebuah jaringan yang memiliki jumlah komputer atau client sedikit, sekitar 10-20 komputer.

Value server bisa berbentuk tower atau rackmount. Server entry-level yang berbentuk rackmount cukup banyak dipakai, karena bentuknya yang ramping dan mudah diletakkan pada rak server.

Jenis server ini sangat cocok untuk perusahaan skala kecil, untuk dijadikan pusat data perusahaan atau warung internet (warnet).

Midrange server

Sebuah perusahaan dengan jumlah pengguna komputer antara 20 sampai 100 orang bisa memilih server jenis ini. Midrange server memiliki spesifikasi dan kemampuan yang lebih baik dibandingkan server tipe entry-level. 

Kebanyakan midrange server sudah dilengkapi pendingin dan penyuplai tenaga cadangan, untuk menjaga server tetap menyala sepanjang waktu.

Midrange server dapat menangani beberapa tugas secara bersamaan. Server ini mampu menjalankan beberapa tugas sekaligus, seperti pengatur jaringan, mengatur sistem pembagian file, dan menjalankan print-sharing.

Blade server

Jenis Blade server tidak memiliki spesifikasi yang sangat tinggi. Meski begitu, server jenis ini memiliki keunikan tersendiri jika dibandingkan value dan midrange server. Blade server tersusun pada sebuah rak yang memiliki sirkuit yang sama dengan memori, prosesor, dan ruang penyimpanan yang saling terintegrasi.

Beberapa desain rak blade server memungkinkan digabungkannya ratusan server dalam satu rak. Server dengan tipe ini tersambung dengan sebuah kabel yang disusun secara pararel. Oleh karena itu, server ini bisa menggunakan penyuplai tenaga, pendingin, dan ruang penyimpanan secara bersamaan.

Jenis server ini cocok untuk perusahaan kelas menengah ke atas, seperti penyedia jasa web hosting, situs berita, dan situs perdagangan daring.

Enterprise server

Enterprise server merupakan jenis server tertinggi. Server ini mampu menghasilkan performa dan reliabilitas yang dibutuhkan untuk tugas yang berat dan banyak. Enterprise server mampu mengakomodasi lebih dari 1.000 pengguna yang bergantung pada database yang besar.

Server ini biasa digunakan oleh perusahaan besar, seperti penerbangan, bank, kantor pemerintahan, distributor besar, stasiun televisi, rumah sakit, dan penyedia game online.

Kegagalan fungsi server, meski hanya satu menit, dapat menyebabkan kerugian yang signifikan bagi perusahaan yang menggunakannya. Karena itu sangat penting bagi Anda untuk memilih server yang dapat diandalkan setiap saat.

Related

Technology 7229916697905932229

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item