Menyikat Gigi dengan Cara Salah Bisa Menyebabkan Kerusakan Gigi


Naviri Magazine - Abrasi gigi adalah menghilangnya struktur pada gigi, karena kerusakan mekanik yang abnormal pada gigi. Abrasi gigi disebabkan oleh gesekan pada gigi yang kuat dan terus menerus. Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan terjadinya abrasi gigi, tapi kebanyakan orang menderita masalah ini karena terlalu keras menggosok gigi.

Ciri khusus yang dapat Anda kenali dari masalah abrasi gigi adalah lekuk pada gigi berbentuk V, tepat pada bagian leher gigi (bagian bawah gigi yang dekat dengan gusi). 

Abrasi gigi bisa sampai mengenai permukaan email gigi paling luar, bahkan dapat mencapai bagian dalam gigi atau dentin. Jika abrasi gigi sudah sampai ke bagian gigi paling dalam, maka gigi akan sensitif dan terasa ngilu ketika menggigit makanan.

Penyebab abrasi gigi

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan abrasi gigi atau hilangnya struktur mekanik gigi secara abnormal, di antaranya adalah:

Selalu menyikat gigi dengan keras, dan arah menggosok gigi secara horizontal (ke depan dan ke belakang). Menyikat gigi yang baik adalah dengan cara vertikal (ke atas dan ke bawah).

Kawat atau cengkram yang dipakai untuk menempelkan gigi palsu ke gigi terlalu menekan keras, sehingga menyebabkan gesekan terus menerus pada saat mengunyah makanan, sehingga menyebabkan abrasi gigi.

Ada beberapa orang yang pada saat tidur, secara tidak sadar menggesek-gesekan gigi atas dan gigi bawahnya terus-menerus, sampai terjadi abrasi gigi. Kebiasaan ini disebut teeth greeding atau bruxism.

Orang yang biasa menggigit pipa rokok juga bisa menyebabkan terjadinya abrasi gigi.

Orang yang memakai kawat gigi hanya sekadar untuk bergaya. Menggunakan kawat gigi berarti merusak bagian depan gigi, tentu ini akan menyebabkan abrasi gigi apabila Anda tidak dapat merawat gigi dengan baik.

Orang yang menderita masalah abrasi gigi, biasanya gigi jadi sensitif dan akan terasa ngilu ketika menggigit makanan. Selain itu, abrasi gigi berarti gigi terkikis, maka lama kelamaan gigi menipis dan rusak.

Related

Health 6535741539139195066

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item