Misteri Menara Babel dan Kisah Raja Nimrod yang Menentang Tuhan (Bagian 1)


Naviri Magazine - Menurut legenda, ketinggian Menara Babel sampai saat ini tidak tertandingi. Bangunan besar menjulang melewati awan yang melambangkan ‘kesombongan’ itu dibangun setelah banjir besar di zaman Nabi Nuh. 

Banyak orang meyakini, menara Babel dibangun Raja Nimrod untuk menentang Tuhan, agar menurunkan bencana banjir kedua, tapi peninggalan bangunan itu tidak pernah ditemukan. Yang bisa kita bayangkan, ‘Seberapa besar bencana banjir zaman nabi Nuh, sehingga Raja Nimrod membangun tempat berlindung yang melebihi ketinggian awan?’ 

Ilmuwan dan arkeolog seperti Robert Bauval tidak begitu saja mempercayai mitos bangunan kuno ini. Sumber apa pun, artefak, cerita rakyat, dan legenda, tidak dengan jelas mengatakan bahwa Menara Babel sesuatu yang nyata. Karena sejarah meninggalkan tulisan-tulisan yang sulit dimengerti, penuh teka teki. 

Sejarah mencatat bahwa sejak banjir besar zaman kuno, peradaban kembali ke awal, dimana teknologi terdahulu musnah begitu saja. Mungkinkah mereka membangun bangunan kokoh setinggi itu? 

Korelasi Orion, kunci misteri Menara Babel 

Teori Korelasi Orion (The Orion Correlation Theory, disingkat OCT) menyatakan bahwa tiga Piramida Mesir di Giza (dan bangunan-bangunan kuno yang tidak diketahui) berada di wilayah yang ‘astronomis’ selaras dengan konstelasi bintang Orion, piramida Khufu, Khafre, dan Menkaure, yang khusus disesuaikan dengan bintang Al-Nitak, Al-Nilam, dan Mintaka, yang membentuk ‘Sabuk Orion’. 

Teori ini pertama kali diasumsikan oleh Robert Bauval, penulis buku ‘The Orion Mystery’, tahun 1994. Bauval secara kebetulan menemukan hubungan antara bintang-bintang di sabuk Orion, dan rencana dasar Piramida Giza melalui observasi sederhana. 

Dia menyadari bahwa Piramida Besar Khufu dan piramida Khafre selaras (hampir) persis berada di diagonal selatan-barat, piramida yang lebih kecil (Menkaure) berada agak ke kiri. Bangsa Mesir sangat tepat dalam desain dan pembangunan, dataran tinggi Giza dengan bangunan kuno yang berukuran matematis merupakan contoh fakta yang tak terbantahkan. 

Jadi, mengapa piramida Menkaure ‘melanggar simetri’ dari garis dan posisi piramida itu? 

Kebanyakan peneliti melihat foto bangunan di Giza dan membuat pengamatan yang sama, tiga piramida ini merupakan set tersendiri (utara-selatan) dan semua orang melihat diagonal mengarah ke barat di sepanjang kedua piramida besar. 

Konstelasi Orion diidentifikasi bangsa Mesir kuno sebagai dewa Osiris, dewa dunia bawah yang menghakimi orang mati, dan dewa yang paling banyak dipuja di Mesir. 

Teks-teks Piramida, prasasti yang terkubur, diduga berada di sekitar dinasti ke-5 dan ke-6. Catatan ini mengatakan tentang Osiris dan peristiwa seputar kematian dan kelahiran kembali, sehingga menjadi bukti bahwa piramida Giza diperkirakan telah dibangun di dinasti ke-4. 

Konstelasi Orion atau Osiris disusun dalam posisi yang hampir sama, seperti halnya piramida Giza. Bintang Al-Nitak dan Al-Nilam dapat membentuk garis diagonal melalui pusat mereka yang menghubungkan dua bintang, bintang yang lebih kecil (Mintaka) sedikit serong. Sama seperti tiga piramida di Mesir (Khufu, Khafre, Menkaure). 

Menara Babel di salah satu Piramida Giza 

Tradisi mistis Menara Babel didasarkan pada praktek struktur kuno bangunan di bumi, dan rasi bintang sebagai gambaran surga. Menara Babel erat kaitannya dengan tiga piramida di Giza. Menara Babel pertama kali tertulis dalam kitab Genesis, yang muncul setelah kisah banjir besar. 

Bab sepuluh mengatakan tentang keturunan Nuh, beberapa kegiatan mereka, dan migrasi yang didokumentasikan. Kemudian bab berikutnya mengatakan, “Sekarang seluruh dunia memiliki satu bahasa umum.” 

Sebagai manusia yang pindah ke timur, mereka menemukan dataran di Shinar, dan menetap di sana. Mereka berkata satu sama lain, “Ayo, kita membuat batu bata dan memanggangnya secara menyeluruh.” Mereka menggunakan batu bata, bukan batu, dan tar untuk mortir. 

Kemudian mereka berkata, “Marilah kita dirikan sebuah kota untuk kita, dengan menara yang puncaknya sampai ke langit, sehingga kita dapat membuat nama untuk diri kita sendiri, dan tidak dicerai-beraikan di atas permukaan seluruh bumi.” 

Yang dimaksudkan di sini adalah Menara Babel yang terletak di kerajaan kuno Shinar (Babilonia), dan dipandang oleh para teolog sebagai sesuatu yang paling alegoris, sebagai peringatan terhadap bahaya. Hal ini digambarkan sebagai ‘menara yang puncaknya sampai ke langit’ dan digambarkan sebagai konstruksi yang monumental, suatu usaha dari seluruh umat manusia. 

Robert Bauval menganggap bahwa menara Babel bukan menjulang ke atas dengan puncak berada di awan, mungkin hanya dirancang untuk menggambarkan angkasa, sehingga surga seperti berada di bumi. Dan kisah asli mungkin telah rusak melalui cerita berturut-turut yang yang dicatat oleh penulis kitab Genesis. 

Informasi di Alkitab dapat memberikan petunjuk tentang menara Babel. Namun, memang ada mitos tambahan sekitar Menara Babel yang telah tercatat di luar sumber Alkitab. Dalam Mitos buku Ibrani, Robert Graves mencatat beberapa tradisi, suatu keyakinan umum bahwa seorang penguasa awal yang bernama Nimrod mendirikan Menara Babel. 

Nimrod, menurut kitab Genesis, adalah keturunan Kush, cucu Nuh. Alkitab mencatat bahwa ia seorang prajurit perkasa, dan Kerajaan Pertama dimuka bumi (setelah banjir besar) seperti Babilonia, Erech, Akkad dan Calneh, semuanya berpusat di Shinar. Nimrod juga tercatat membangun Niniwe (Nineveh), salah satu yang paling terkenal dalam Alkitabiah. 

Nimrod dan pengikutnya membangun Menara Babel dalam melawan Allah, dan berkata, “Aku akan membalas dendam pada-Nya yang telah menenggelamkan nenek moyangku. Seharusnya Dia mengirim banjir yang lain, dan aku akan naik ke menara bahkan di atas Ararat, dan membuat diriku aman.” 

Baca lanjutannya: Misteri Menara Babel dan Kisah Raja Nimrod yang Menentang Tuhan (Bagian 2)

Related

Mistery 3382948658540390587

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item