Obat Herbal ternyata Punya Pengaruh Negatif Pada Pasien Kanker


Naviri Magazine - Obat herbal, termasuk bawang putih, jahe, dan kunyit, berdampak buruk terhadap pembekuan darah. Tak hanya itu, obat herbal tersebut juga dapat menghentikan penyembuhan jaringan kulit.

Ahli bedah kanker payudara terkemuka, Profesor Maria Joao Cardoso, mengatakan, pasien kanker payudara yang menggunakan obat herbal akan alami lebih banyak kerusakan kulit daripada menghasilkan keindahan pada kulit. Menurutnya, obat yang termasuk bawang putih, jahe, kunyit dan ginseng, berdampak buruk terhadap pembekuan darah.

"Obat herbal tersebut dapat menghentikan penyembuhan jaringan kulit, ketika kanker payudara menyebar," ujar Cardoso.

Prof Cardoso, yang juga Kepala Ahli Bedah Payudara di Champalimaud Cancer Centre di Portugal, mengatakan, tidak ada bukti bahwa obat herbal dan krim tropis bisa merawat luka kulit secara efektif. 

“Obat itu akhirnya bisa melakukan lebih banyak kerusakan daripada kebaikan,” kata Cardoso, saat Konferensi Kanker Payudara di Lisbon.

Ia mengatakan, banyak pasien tidak memeriksa dan tidak memberi tahu dokter, bahwa mereka menggunakan terapi komplementer. Menurutnya, ada banyak terapi, terutama produk herbal dan krim topikal, yang dapat berdampak negatif dalam pengobatan kanker.

"Banyak senyawa yang kompleks dan beberapa bahan dapat menunda penyembuhan, dan mengganggu keberlangsungan perawatan sistemik yang sedang berlangsung,” katanya.

Jaringan kulit yang dihasilkan sulit untuk diobati, dan dapat menyebabkan ketidaknyamanan fisik dan kesulitan. Cardoso menambahkan, penelitian laboratorium telah menunjukkan bahwa produk tertentu dapat mengurangi proses pembekuan darah yang diperlukan untuk menyembuhkan luka.

"Jika seorang pasien memiliki luka pendarahan, senyawa ini dapat memiliki dampak buruk yang kuat pada jaringan parut (area dari jaringan fibrosa/fibrosis yang menggantikan kulit yang luka setelah cedera), dan seberapa baik pembalut luka bekerja,” jelasnya.

Related

Health 717006874833477176

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item