Panduan Memilih Server Bagi yang Sedang Membangun Startup


Naviri Magazine - Sebaiknya menyewa server atau membeli server sendiri? Pertanyaan tersebut tidak jarang terlintas di pikiran para pemilik usaha rintisan digital. Jawaban dari pertanyaan di atas dapat dijawab dengan mudah jika para pemilik startup bisa memperhitungkan biaya, kesiapan sumber daya manusia, dan waktu.

Bisnis yang tidak bergerak di bidang infrastruktur situs dan masih dalam skala kecil, sebaiknya menyewa server kepada provider untuk keperluan operasional mereka.

Membeli server dan menyewa ruang penyimpanan di data center membutuhkan biaya pemeliharaan yang cukup besar. Hal ini bisa memberatkan perusahaan yang baru dirintis. Selain itu, pemilik juga harus memikirkan tahap pembaruan (upgrade) dalam beberapa bulan atau tahun ke depan, agar server bisa bekerja maksimal.

Waktu yang tepat bagi pebisnis untuk memiliki server sendiri adalah saat perusahaan sudah memerlukan penggunaan server dalam skala besar. Selain itu, sangat penting bagi perusahaan memiliki tim IT sendiri, agar bisa mengelola dan memantau kinerja server setiap saat.

Meski biaya dan usaha yang dikeluarkan lebih besar, memiliki server sendiri menawarkan keuntungan, yakni kebebasan dalam pengelolaan server. Pemilik dapat meningkatkan kemampuan servernya secara lebih cepat, tanpa bergantung pada provider yang menyewakan server.

Namun, sebelum memutuskan untuk membeli server sendiri, para pebisnis perlu mengetahui jenis server yang cocok untuk bisnis mereka. Membeli server dengan kemampuan lebih dari yang dibutuhkan bisa menjadi pemborosan, terutama untuk perusahaan dengan modal terbatas. 

Sebaliknya, membeli server yang kemampuannya lebih rendah dari yang diperlukan dapat menyebabkan server overload, dan bisa mengancam keberlangsungan bisnis.

Oleh karena itu, penting untuk memilih server yang sesuai dengan keperluan usaha Anda. Pastikan juga server yang Anda pilih memberikan layanan on site support, sehingga Anda tidak perlu memindahkan server jika terjadi kendala yang tidak diinginkan.

Related

Tips 411165658629634780

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item