Penting! Ini Penjelasan Dokter Terkait Mitos-mitos Kesehatan yang Kita Percaya (Bagian 2)


Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Penting! Ini Penjelasan Dokter Terkait Mitos-mitos Kesehatan yang Kita Percaya - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik dan urutan lebih lengkap, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Dalam banyak kasus, disfungsi ereksi yang parah kerap disebabkan penyempitan aliran darah di arteri, yang sebenarnya dibutuhkan alat vital seharian. Jika benar itu pemicu disfungsi yang kalian alami, artinya kalian seharusnya lebih takut sama satu penyakit ini: serangan jantung.

Barnard menyatakan disfungsi ereksi bisa diatasi jika kita bersedia mengubah gaya hidup. Coba latihan meditasi, makan lebih banyak buah dan sayur, berolahragalah sesering mungkin, dan berhenti merokok. Jika kita melakukan semua langkah-langkah itu, kata Barnard, pria usia berapa pun tidak akan butuh viagra atau obat-obat kuat lainnya.

"Aku sering pusing banget. Kayaknya ini tumor otak deh." 

Terlalu banyak membaca informasi kesehatan abal-abal di Internet, kata Parkinson, biasanya memicu seseorang jadi lebih sok daripada "dokter yang baru kuliah dua semester." Gatal, nyeri, atau sakit kepala sedikit langsung dikira gejala penyakit serius. Berjaga-jaga sebetulnya baik, tapi jangan lebay juga dong.

Memang, faktanya salah satu gejala penderita tumor otak adalah sakit kepala rutin. Itu kesimpulan yang kalian dapat jika hanya mengandalkan Google. Asal kalian tahu, sakit kepala kadang dipicu sakit kepala saja. 

Data Parkinson menyatakan 90 persen manusia pernah mengalami pusing-pusing akibat banyak sebab. Namun cuma 12 dari 100 ribu orang per tahun yang sakit kepala lantaran kanker.

Kalian baru boleh khawatir jika sudah menenggak paracetamol atau ibuprofen secara rutin, tapi sakit kepala tak kunjung mereda. Jika sudah begitu, lagi-lagi, hubungi dokter saja.

"Aku tidak rajin minum susu. Kayaknya tulangku keropos deh."  

Mari kita akhiri omong kosong yang selalu disebar tentang susu sapi ini. Manusia memang butuh kalsium dan vitamin D. "Tapi kebutuhan itu tidak bergantung pada susu sapi," kata Barnard.

Ide minum susu akan membuat tulangmu kuat sebetulnya lemah secara ilmiah. Penelitan melibatkan nyaris 7.000 responden remaja perempuan menunjukkan tidak ada kaitan antara minum susu dengan keroposnya tulang. Kesimpulan serupa didapatkan dari penelitan berbasis meta-analisis terhadap kalangan lansia. Jadi asumsi kita bahwa susu diperlukan untuk membentuk tulang terlanjur salah kaprah.

Bukan berarti minum susu jadi tak penting lagi. Susu mengandung banyak manfaat, tapi kalsium yang dimilikinya hanya satu jenis saja. Masih banyak unsur kalsium lain di dunia ini. Contohnya rumput. 

"Tubuh manusia tidak biasa mengonsumsi rumput, tapi intinya adalah kalsium bisa diperoleh dari sayuran. Makan brokoli atau bayam bisa membantu kita memperkuat tulang," kata Barnard.

"Pasanganku ejakulasi di dekat vagina. Aku kayaknya bakal hamil."  

Ada fakta penting soal sperma yang perlu diketahui siapapun yang pernah mikir beginian. Sperma itu hebat, tapi tak bisa 'berenang' dari luar vagina sampai sel telur. Patut diingat, sperma hanya bertahan beberapa menit saja di luar tubuh manusia. 

"Kelihatannya lucu, tapi keyakinan soal hamil yang naif seperti ini banyak dianut perempuan," kata Parkinson. Situsnya nyaris setiap hari memperoleh pertanyaan senada dengan itu.

Percaya tak percaya, bagi anda yang ogah menggunakan kondom, metode 'celup-tarik' klasik masih sangat disarankan para dokter buat menghindari kehamilan tidak direncanakan. Dari data di AS, pasangan yang melakukan sistem 'celup-tarik' secara benar, hanya empat persen mengalami kehamilan. 

Kebobolan selalu dialami oleh pasangan malas, yang mengira sudah menarik itunya sebelum ejakulasi, padahal belum. Jika anda sedang tidak merencanakan kehamilan, daripada khawatir yang aneh-aneh soal sperma, ingat pesan yang lebih berfaedah ini: Segera ikut KB!

Related

Health 3959266706303204008

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item