Penyakit Gusi, Tampak Tidak Berbahaya Padahal Bisa Sangat Berisiko


Naviri Magazine - Penyakit gusi, juga dikenal sebagai penyakit periodontal, mungkin belum begitu familier, dan sering diabaikan oleh sebgaian orang.

Padahal dampak penyakit gusi tidak hanya memiliki konsekuensi serius bagi kesehatan mulut, tetapi juga dapat menjadi tanda-tanda peringatan akan kondisi yang berpotensi mengancam jiwa, seperti diabetes, penyakit ginjal, penyakit jantung, stroke, kelahiran prematur, dll.

Penelitian juga menunjukkan bahwa wanita dengan periodontal mempunyai kemungkinan tiga sampai lima kali lebih besar untuk melahirkan bayi secara prematur, dibandingkan wanita tanpa penyakit gusi.

Evaluasi dari beberapa penelitian telah menunjukkan peningkatan risiko kanker mulut karena adanya penyakit periodontal atau kehilangan gigi. Oleh karena itu, kesehatan gusi sangat penting, tidak hanya untuk senyum sehat, tetapi juga untuk tubuh yang sehat.

Penyakit gusi, atau gingivitis, dimulai dengan adanya pertumbuhan bakteri di mulut yang merupakan hasil dari kesehatan gigi yang buruk.

Jika tidak diobati, penyakit gusi dapat menyebabkan penderitanya kehilangan gigi, karena kerusakan jaringan yang mengelilingi gigi.

Berikut adalah tanda dan gejala penyakit gusi, seperti dilansir dari Zeenews:
- Gusi yang merah, bengkak atau pendarahan
- Gusi yang berdarah selama dan setelah menyikat gigi
- Bau mulut
- Sensitivitas gigi yang disebabkan oleh gusi yang menyusut
- Gusi menyusut
- Gigi yang goyang
- Gigi abses - infeksi yang ada di dalam atau di sekitar akar gigi, yang mungkin tidak terasa menyakitkan

Jika merasa memiliki penyakit gusi, pastikan untuk segera memeriksakannya ke dokter gigi.

Meskipun menyikat gigi dengan tepat dan teratur dapat membantu mengurangi dan mencegah penyakit gusi, perlu diingat bahwa pembersihan secara teratur oleh dokter gigi adalah cara terbaik untuk menghilangkan karang gigi, dan mengobati penyakit gusi lanjutan. 
Bahkan jika kamu tidak menunjukkan gejala apa pun, tetap ada kemungkinan bahwa kamu masih memiliki beberapa tingkat penyakit gusi.

Oleh karena itu, pemeriksaan gigi teratur sangat penting, sehingga dokter gigi dapat mendeteksi setiap potensi masalah yang mungkin tidak disadari.

Related

Health 5376763878692835688

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item