Penyebab dan Tahap Terjadinya Penyakit Periodontal atau Penyakit Gusi


Naviri Magazine - Periodontal secara harfiah berarti “sekitar gigi”. Penyakit periodontal mengacu pada infeksi bakteri kronis pada gusi dan tulang pendukung gigi. Hal ini dapat mempengaruhi satu atau beberapa gigi, dan jika tidak diobati dapat menyebabkan kehilangan gigi (decay). 

Bentuk paling umum dari penyakit periodontal termasuk gingivitis dan periodontitis. Pada tahap awal, hanya gusi yang terinfeksi (gingivitis). Kemudian menyebar ke tulang sekitar gigi dan jaringan pendukung lainnya. Akhirnya gigi menjadi longgar dan rontok. Penyakit periodontal dapat terjadi pada segala usia. Berikut tahap-tahap yang terjadi.

Radang gusi (Gingivitis)

Semakin lama plak dan kalkulus tinggal pada gigi, hal yang lebih berbahaya dapat terjadi. Plak bakteri menyebabkan peradangan pada gusi atau biasa disebut “gingivitis”. Gusi menjadi merah dan bengkak serta mudah berdarah. 

Gingivitis adalah bentuk ringan dari penyakit periodontal, biasanya dapat disembuhkan atau dicegah dengan menyikat gigi dan flossing setiap hari, dan perawatan/scaling oleh dokter gigi atau ahli kesehatan gigi.

Periodontitis

Jika gingivitis tidak diobati, dapat berkembang menjadi “periodontitis”. Gusi mulai menarik diri dari gigi yang dipenuhi dengan plak dan jadi terinfeksi. Sebagian plak menyebar dan tumbuh di bawah garis gusi, tempat di mana terdapat sistem kekebalan tubuh melawan bakteri. 

Perang antara bakteri dan sistem imun menghasilkan racun, jika bereaksi dengan enzim tubuh ketika melawan infeksi bakteri tersebut bisa menyebabkan pecahnya tulang dan jaringan ikat tempat gigi bersarang. Jika tidak diobati, tulang, gusi dan jaringan ikat yang hancur, akhirnya menyebabkan gigi longgar dan lepas dengan sendirinya.

Faktor lain yang bisa meningkatkan resiko periodontitis

Merokok/penggunaan tembakau

Merokok adalah salah satu faktor risiko paling signifikan yang berkaitan dengan perkembangan periodontitis. Selain itu, merokok dapat menurunkan tingkat keberhasilan pada pengobatan periodontitis.

Perubahan hormon pada anak perempuan/wanita 

Perubahan ini dapat membuat gusi lebih sensitif dan membuat gingivitis lebih mudah berkembang.

Diabetes 

Orang dengan diabetes berada pada risiko tinggi berkembangnya berbagai macam penyakit, salah satunya adalah periodontitis.

Obat-obatan 

Beberapa obat oral, seperti antidepresan dan sebagian obat jantung, dapat mempengaruhi kelembapan mulut dikarenakan mengurangi aliran air liur ( saliva memiliki efek protektif pada gigi dan gusi).

Penyakit

Penyakit seperti kanker atau AIDS dan perawatan penyakit lain dapat juga mempengaruhi kesehatan gusi.

Kerentanan genetik 

Beberapa orang lebih rentan terhadap penyakit periodontal parah daripada yang lain.

Related

Health 5817316090711378150

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item