Perlu Tahu, Ini 12 Manfaat Clover Honey untuk Kesehatan dan Kecantikan


Naviri Magazine - Sesuai namanya, clover honey adalah madu yang dihasilkan saat lebah mengambil nektar dari tanaman semanggi (clover). Dibandingkan madu manuka, harganya tergolong lebih murah dan tersedia lebih luas. Rasanya yang unik dan warnanya yang cenderung cerah membuatnya disukai banyak orang dan dikonsumsi sebagai bagian dari pola makan sehat.

Bukan rahasia kalau madu menyimpan berbagai manfaat kesehatan. Meskipun memiliki kadar gula yang tinggi, clover honey menyimpan segudang komponen bergizi. Melansir Healthline, satu sendok makan (21 gram) clover honey mengandung:

Kalori: sekitar 60-64 kalori
Protein: 0 gram
Lemak: 0 gram
Karbohidrat: 17 gram

Tanpa lemak, apa manfaat clover honey? Yuk, simak baik-baik di bawah ini!

1. Mengandung senyawa antibakteri dan antivirus

Menurut penelitian di Tiongkok terhadap 11 madu yang diterbitkan dalam jurnal Food & Function, clover honey dapat membasmi bakteri Staphylococcus aureus. Selain itu, madu tersebut juga dapat mengenyahkan bakteri pada luka, baik luka biasa hingga luka bakar.

Selain itu, clover honey juga memiliki khasiat antivirus. Menurut penelitian di Amerika Serikat (AS) berjudul "In vitro antiviral activity of honey against varicella zoster virus (VZV)" dalam Translational Biomedicine Journal, larutan clover honey terbukti menghambat pertumbuhan virus Varicella zoster, penyebab cacar air.

2. Mengandung senyawa antioksidan

Tubuh terkadang mengalami peradangan atau inflamasi karena penumpukan zat radikal bebas di tubuh. Kabar baiknya, clover honey memiliki senyawa antioksidan alami untuk menangkal inflamasi!

Melansir Healthline, beberapa penelitian menemukan bahwa clover honey memiliki senyawa flavanol dan asam fenolat. Flavanol dapat meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru, sementara asam fenolat dapat memperkuat sistem saraf pusat.

3. Mencegah penyakit kardiovaskular

Selain flavanol, melansir Organic Facts, madu ini ternyata memiliki segudang senyawa antioksidan dan antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi low-density lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat sekaligus menambah kadar high-density lipoprotein (HDL) alias kolesterol baik, serta mengurangi risiko terkena penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung koroner, aterosklerosis, dan stroke.

Selain itu, seperti dijelaskan di laman WebMD, clover honey kaya flavanol dan antioksidan yang dapat membantu mengatur tekanan darah. Flavanol membuat aliran darah lancar, sehingga oksigen dan nutrisi terdistribusi ke seluruh tubuh. Dengan begitu, pembuluh darah relaks, serta kamu terhindar dari hipertensi.

4. Meningkatkan sistem imun

Khasiat antibakteri pada clover honey sebagian berasal dari senyawa hidrogen peroksida yang bisa ditemukan pada banyak madu.

Menurut penelitian di AS yang dimuat dalam International Journal of Food Microbiology, clover honey dapat mendukung sistem imun melawan patogen, sehingga mencegah infeksi pada tubuh.

5. Meningkatkan kepadatan tulang

Bersumber dari Organic Facts, disebutkan bahwa clover honey bisa membantu menjaga kepadatan tulang.

Menurut penelitian berjudul "The Chemical Composition of Honey" dalam Journal of Chemical Education, clover honey memiliki banyak mineral yang bisa membantu tulang tetap padat, seiring bertambahnya usia. Manfaat ini juga bisa membantu mencegah osteoporosis.

6. Ramah untuk orang dengan diabetes

Sebagai catatan, clover honey mengandung 16 gram gula, mirip madu pada umumnya. Dibandingkan gula pasir, respons terhadap gula darah clover honey masih lebih ramah untuk pasien diabetes.

Hal tersebut dibuktikan dalam penelitian di Mesir yang dimuat dalam jurnal Complementary Therapies in Clinical Practice. Melibatkan 80 anak-anak yang mengalami diabetes tipe 1, clover honey menyebabkan respons gula darah yang lebih rendah dibandingkan gula pasir biasa.

7. Menjaga kesehatan otak

Melansir WebMD, clover honey memiliki khasiat tersendiri untuk kesehatan otak. Selain asam fenolat yang melindungi sistem saraf pusat, clover honey juga kaya antioksidan yang mencegah inflamasi pada otak. 

Beberapa penelitian mengatakan bahwa clover honey dapat mencegah depresi, epilepsi, penyakit Parkinson, dan penyakit Huntington.

8. Obat flu alami

Menurut penelitian di Malaysia yang dimuat dalam jurnal Oxidative Medicine and Cellular Longevity, clover honey juga digunakan sebagai obat alami yang dapat meredakan gejala flu, seperti batuk pilek dan sakit tenggorokan.

Hal ini karena clover honey memiliki senyawa antibakteri yang umumnya juga dapat ditemukan pada obat flu. Tinggal larutkan clover honey dalam air hangat dan beri sedikit perasan lemon

9. Meredakan gangguan pencernaan

Umumnya, mengonsumsi satu atau dua sendok teh madu dapat melegakan nyeri perut dan gangguan pencernaan seperti diare atau maag. Oleh karena itu, kita juga bisa mengharapkan manfaat yang sama dari clover honey.

Hal ini karena kandungan gula pada clover honey juga dapat bertindak sebagai probiotik dalam saluran pencernaan. Dengan kata lain, clover honey dapat memicu pertumbuhan bakteri baik dalam usus, sehingga pencernaan lebih lancar.

10. Meningkatkan kesehatan gigi dan mulut

Kemudian, clover honey juga dapat menjaga kesehatan gigi dan mulut. Manfaat tersebut dikaitkan dengan khasiat antiinflamasi, antibakteri, dan antioksidan yang dapat menghambat infeksi kuman di gigi dan gusi, mencegah inflamasi pada gusi, dan pembentukan karang gigi.

11. Menjaga kesehatan organ reproduksi

Madu dianggap dapat memicu vitalitas. Oleh karena itu, clover honey juga bisa membantu menjaga atau meningkatkan kesuburan. Lagi-lagi, hal ini dikaitkan dengan efek antiinflamasi dan antioksidan pada madu. Disebutkan juga bahwa clover honey berpotensi mencegah gangguan menstruasi hingga memperlambat menopause.

Selain itu, konsumsi clover honey secara rutin juga dapat memperbaiki kualitas sperma dan hormon seksual. Madu ini dapat mencegah keputihan dan beberapa jenis kanker, seperti kanker serviks, kanker payudara, dan kanker prostat.

12. Meremajakan kulit

Madu juga banyak dimanfaatkan dalam perawatan kulit dan kecantikan. Melansir Health Benefits Times, salah satu manfaat clover honey adalah meremajakan kulit.

Selain itu, clover honey memiliki khasiat anti-aging, karena memiliki kandungan antioksidan untuk menjaga sel kulit tetap sehat dan terjaga dari kerusakan. Khasiat antiinflamasi yang dimiliki oleh clover honey juga dapat mengurangi efek penuaan pada sel.

Efek samping clover honey yang harus diwaspadai

Meskipun manfaatnya segudang untuk tubuh, tetapi perlu diingat kalau madu ini memiliki kandungan gula yang cukup tinggi. Meski menyehatkan, clover honey tergolong gula tambahan. Satu atau dua sendok teh sehari saja sudah cukup.

Selain itu, jika kamu memiliki sistem imun yang lemah atau tengah menjalani pengobatan yang membuat sistem imun terganggu, jangan mengonsumsi clover honey. Bayi di bawah usia 1 tahun juga tidak disarankan mengonsumsi clover honey karena ada risiko bayi terkena botulisme.

Related

Health 5631411914425261563

Recent

item