Perlu Tahu, Ini 5 Hal Sepele yang Bikin Skincare Kamu Tak Bekerja Maksimal



Naviri Magazine - Kamu sudah pakai berbagai macam skincare, tapi hasilnya nihil? Atau kamu sedang cari brand baru yang sesuai jenis kulit muka? Memilih dan mengaplikasikan skincare ada ilmunya sendiri, karena tak semua kulit cocok dengan bahan perawatan tertentu. 

Sering tak kamu sadari, ada beberapa hal yang menghambat skincare bekerja di kulit muka. Berikut 5 hal sepele yang bikin skincare kamu tidak bekerja maksimal. 

1. Kurang atau justru berlebihan dalam eksfoliasi wajah

Eksfoliasi adalah hal penting sebelum mengaplikasikan skincare. Takarannya pun perlu diperhatikan agar muka benar-benar bersih dan siap untuk diaplikasikan produk perawatan selanjutnya.

Sebelum eksfoliasi wajah, alangkah lebih aman apabila kamu mengetahui bahan yang terkandung di dalamnya. Entah itu produk alami maupun produk dengan bahan kimia, sebaiknya sesuaikan dengan jenis kulit muka yang kamu punya. 

2. Tidak menerapkan tahapan skincare dengan tepat

Mau seberapa banyak kamu memoleskan skincare di muka, itu akan percuma ketika kamu salah dalam urutan pemakaian. Begitu banyak skincare yang beredar di pasaran, sebaiknya juga tak bikin kamu gelap mata dengan mencoba segala macam yang ada. 

Perhatikan urutan cara pemakaian, dan gunakan produk yang memang digunakan untuk base skincare, seperti toner dan moisturizer. Cari tahu pula bahan yang terkandung di dalamnya. Pastikan muka kamu betulan cocok dengan bahan yang tertera.

3. Target muluk-muluk, ingin hasil cepat kelihatan

Semua skincare yang kamu pakai, membutuhkan waktu untuk bekerja di wajah. Setiap dari kamu juga memiliki daya serap kulit yang berbeda untuk produk skincare.

Ada jenis kulit muka dengan skincare tertentu yang harus bekerja berbulan-bulan agar hasilnya bisa terlihat. Ada pula yang memerlukan waktu yang sebentar.

Jadi untuk perkara hasil, kamu tak perlu membandingkan dengan teman atau klaim yang diberikan produk. Kelak setelah wajah memprosesnya, produk akan memperlihatkan hasil maksimal asal kamu konsisten dalam pemakaian.

4. Kurang asupan air

Selain bagus untuk tubuh dan diet, ada berbagai macam manfaat minum air putih bagi wajah. Beberapa di antaranya adalah membantu mengurangi masalah kulit wajah seperti jerawat, wajah kering karena dehidrasi, kulit terbakar karena sunburn, hingga kulit kusam karena kurang pelembap.

Menurut Rachel Nazarian M.D., Dermatolog dari Schweiger Dermatology Group di New York, kurangnya asupan air yang memadai akan membuat kulit jadi kusam, berkeriput, dan pori-pori membesar.

Sementara itu, Julius Few, M.D., Direktur The Few Insitute dan Dosen Klinik Operasi Plastik di Universitas Chicago mengatakan jika berbagai struktur kulit yang mendukung kolagen, membutuhkan air untuk bekerja dengan efektif. Jadi tak berlebihan apabila dikatakan asupan air yang cukup itu diperlukan untuk membantu kerja skincare.

5. Terlalu fokus pada penampilan luar sampai lupa sama self-love

Skincare memang kamu butuhkan buat menjaga kesehatan kulit di tengah aktivitas yang padat. Namun, hal itu gak lantas membuatmu lupa bahwa ada cara lain untuk mencintai dirimu selain dengan hasil muka glowing yang kamu harapkan.

"The beauty of a woman is not in a facial mole, but true beauty in a women is reflected in her soul. It is the caring that she lovingly gives, the passion that she knows. A women can be beautiful as well as intellectual" -Audrey Hepburn-

Ingat bahwa daya tarikmu bukan hanya berasal dari wajah yang bercahaya, melainkan juga kepribadian dan kecerdasan yang kamu punya. Ketika tahu bagaimana menerapkan self-love, kamu akan tahu bagaimana menerapkan self-care dengan maksimal.

Related

Tips 2086255567293813356

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item