Sopranica, Jaringan Seluler yang Tidak Bisa Diawasi Siapa pun


Naviri Magazine - Kebanyakan orang di dunia kini membawa alat pengawasan paling canggih di dalam kantong mereka setiap hari. Biarpun smartphone membuat pemerintah dan perusahaan bisa melacak pergerakan kita dan memonitor percakapan kita dengan mudah, alat-alat ini juga merupakan alat pribadi yang sangat berguna, dan telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan modern.

Ini barter yang menyebalkan, tapi kebanyakan kita tampaknya tidak keberatan. Tapi Denver Gingerich, seorang programmer dari New York City, melihat kemungkinan sebaliknya: kenapa kita tidak bisa memiliki smartphone dan privasi sekaligus dalam satu paket?

Dalam beberapa tahun terakhir, Gingerich telah menciptakan kerangka Sopranica, sebuah jaringan ponsel DIY open source, yang membuat pemilik smartphone bisa menelepon, mengirim pesan, dan berselancar di internet dengan total anonimitas.

Gingerich mengumumkan kode bagian pertama Sopranica, bernama JMP. Ini pada intinya adalah cara untuk menggunakan protokol pengirim pesan instan yang aman, disebut XMPP, atau Jabber, untuk berkomunikasi dalam bentuk suara dan teks dari nomor telepon yang anonim. JMP adalah fase pertama dari jaringan Sopranica.

Fase berikutnya—disebut WOM—menciptakan infrastruktur fisik untuk jaringan ponsel dengan jaringan radio komunitas. Ini berarti pengguna harus menggunakan alat radio kecil tidak mahal di rumah mereka, untuk dimasukkan ke router dan menyediakan akses internet bagi pengguna Sopranica di area tersebut.

Gingerich kemudian menampilkan bagian pertama dari proyek Sopranica di Radical Networks, sebuah konferensi tahunan yang merayakan pendekatan kreatif dan subversif terhadap internet. 

Gingerich mengatakan, dia dan 15 orang lainnya telah berkolaborasi lewat sebuah chatroom, untuk terus mengembangkan jaringan semenjak pertama kali diluncurkan.

Related

Technology 5321016722137324406

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item