Suhu Dingin Bisa Menyebabkan Puting Payudara Mengeras, Ini Penjelasannya


Naviri Magazine - Sebagian orang mungkin menduga bahwa penyebab puting mengeras hanya dipengaruhi oleh rangsangan seksual. Memang dalam sebuah penelitian menemukan rangsangan pada puting payudara wanita bisa mengaktifkan korteks sensoris genital, yaitu area otak yang juga aktif terhadap rangsangan klitoris, vagina, dan serviks.

Tetapi, penyebab puting payudara mengeras bukan hanya karena rangsangan seksual semata. Secara anatomi, ada alasan lain yang membuatnya mengeras.

Menurut Michelle Lee, MD, dokter bedah plastik di Beverly Hills, California, secara anatomi area di bawah puting payudara dan areola, ada otot-otot kecil yang berkontraksi. Sehingga ini menarik kulit dan mendorong puting keluar, salah satu penyebabnya adalah suhu.

"Saat suhu turun, otot-otot kecil di bawah kulit puting berkontraksi untuk menahan udara hangat di dekat kulit dan melepaskan lebih sedikit panas dari radiasi yang keluar dari kulit," jelas Dr Lee yang dikutip dari Health.

Suhu yang dingin bisa membuat puting payudara mengeras. Selain karena suhu, faktor hormon juga bisa membuat puting mengeras, seperti saat menstruasi.

"Saat sedang menstruasi atau sedang ovulasi, perubahan kadar hormon khususnya estrogen bisa membuat puting lebih sensitif atau lebih mudah mengeras," kata dokter kandungan di Queens, New York, Heather Irobunda, MD.

Tak hanya saat menstruasi, puting payudara juga mengeras saat wanita dalam masa kehamilan dan menyusui. Hal ini dianggap sebagai kondisi yang normal.

Namun, Dr Lee mengingatkan jika puting payudara tiba-tiba tertarik ke dalam atau ada cairan, cekungan, benjolan, bahkan rasa sakit yang tidak hilang dalam waktu yang lama, harus segera diperiksakan ke dokter.

Related

Health 3537497270115929969

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item