Tips Mengiris Bawang Tanpa Harus Keluar Air Mata


Naviri Magazine - Aktivitas mengupas dan mengiris bawang sering membuat orang mengeluarkan air mata sehingga banyak yang malas melakukannya. Tetapi, ternyata ada beberapa cara agar kegiatan ini tidak membuat menangis.

Berikut tips aman buat mata saat mengupas atau memotong bawang, dikutip dari Express.

Dinginkan bawang

Salah satu cara adalah dengan mendinginkan bawang sebelum digunakan, selama sekitar 30 menit di lemari es, atau 10-15 menit di dalam pembeku. Bahan kimia yang mengiritasi dan menyebabkan air mata lebih mudah menyebar melalui udara hangat. Mendinginkan bawang sebelum dipotong dapat membantu mencegah senyawa ini masuk ke mata. 

Hindari meninggalkan bawang di lemari es sepanjang waktu, karena akan membuatnya melunak dan meningkatkan proses pembusukan.

Ventilasi

Membuka jendela di dekat tempat memotong bawang akan membantu menghilangkan uap berbahaya. Anda juga dapat menggunakan kipas angin atau kipas dapur jika udara terlalu panas. Pastikan untuk mengibaskan uap dari wajah, bukan ke arahnya.

Pisau tajam

Menggunakan pisau tajam dapat memotong dengan mulus. Menghindari penghancuran membantu mencegah lebih sedikit asam yang dilepaskan. Anda juga harus mencoba memulai dengan memotong dan membuang sedikit ujung akar, yang memiliki banyak akar kecil berserabut. 

Metode ini akan memungkinkan sebagian besar senyawa belerang berbahaya pada akar keluar. Selanjutnya, Anda bisa membuang ujung runcing bawang, mengupas kulit, dan mengirisnya dengan hanya sedikit air mata.

Rendam dalam air

Anda juga bisa menghindari air mata jika memotong ujung bawang dan meletakkannya langsung ke dalam semangkuk air. Air akan mengeluarkan asam sehingga tidak menyebabkan keluar air mata saat bawang dipotong. Namun, dengan metode ini, rasa bawang secara umum tak sekuat aslinya.

Kacamata

Beberapa orang memiliki kelenjar lakrimal yang secara alami lebih sensitif daripada yang lain. Untuk yang secara alami lebih rentan terhadap uap bawang, metode ini mungkin terbukti tidak efektif. Jika mengalami hal ini, Anda dapat mencoba memakai kacamata untuk mencegah uap mencapai mata.

Related

Tips 4458846909473170150

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item