Apa yang Harus Dilakukan bila Ponsel Milikmu Hilang?


Naviri Magazine - Kehilangan ponsel pastilah akan membuat pemiliknya menjadi panik. Ini tak jauh beda dengan kehilangan dompet; ada banyak data dan identitas yang tersimpan di dalam ponsel. Kalau sampai penemunya menyalahgunakan data atau identitas itu, maka urusannya bisa jadi runyam. 

Nah, apa yang harus dilakukan kalau sewaktu-waktu Anda kehilangan ponsel? Tips berikut ini akan mengurangi kepanikan Anda.

Segera laporkan pada operator

Kalau Anda adalah pelanggan pascabayar, urusannya akan lebih mudah karena Anda bisa langsung melaporkan kehilangan tersebut kepada pihak operator, dan kemudian nomor Anda yang hilang tersebut akan segera dimatikan oleh pihak operator, sekaligus Anda akan memperoleh ganti nomor yang sama. 

Tetapi jika Anda adalah pelanggan prabayar, tak perlu berkecil hati. Anda tetap bisa melaporkan kehilangan tersebut kepada operator dan meminta fasilitas yang sama. Anda bisa meminta agar nomor yang hilang tersebut segera dimatikan dan Anda mendapatkan nomor baru yang sama. 

Untuk keperluan tersebut, Anda harus menyiapkan paket pembelian nomor itu (bungkus nomor yang Anda beli) dan membayar sejumlah biaya untuk penggatian kartu.

Jadi, ketika Anda kehilangan ponsel (entah jatuh di jalan atau kecopetan), segera siapkan dokumen dan slip bulanan (jika Anda pelanggan pascabayar) dan siapkan paket pembelian kartu (jika Anda pelanggan prabayar). Setelah itu, datangi gerai operator terdekat dan laporkan kehilangan Anda. 

Apabila laporan Anda ditindaklanjuti (dengan adanya bukti dokumen pendukung semisal slip langganan atau paket pembelian kartu), maka nomor yang ada di ponsel yang hilang tersebut akan segera dimatikan sehingga tak bisa lagi digunakan, sementara Anda akan memperoleh nomor yang sama sebagai pengganti.

Hubungi kawan-kawan dan kerabat

Kalau Anda adalah pelanggan prabayar yang kehilangan ponsel tetapi Anda sudah tidak lagi memiliki paket pembelian kartu, maka biasanya pihak operator tidak bisa memberikan nomor pengganti. (Karenanya, biasakan untuk menyimpan paket pembelian jika membeli suatu nomor untuk ponsel Anda).

Lalu bagaimana dan apa yang harus dilakukan jika Anda tidak bisa mendapatkan nomor yang sama sebagai pengganti? Artinya, orang yang menemukan ponsel Anda bisa saja menyalahgunakan nomor itu untuk menghubungi nama-nama yang ada di phone book ponsel Anda.

Jika memang begitu kenyataannya, Anda perlu segera menghubungi kawan-kawan Anda (yang namanya tercantum di dalam phone book ponsel) dan memberitahukan bahwa Anda telah kehilangan ponsel serta nomornya, dan itu artinya nomor yang lama sudah tidak Anda gunakan lagi. (Karenanya, biasakan untuk melakukan back up data dalam phone book agar dapat digunakan ketika masalah semacam ini terjadi). 

Dengan adanya pemberitahuan tersebut, maka orang-orang yang biasa Anda hubungi pun akan mengetahui bahwa nomor itu sudah bukan lagi milik Anda.

Related

Tips 8694039757564404493

Recent

item