Asal Usul Optimus Prime, dan Sejarah Para Prime dalam Kisah Tranformers (Bagian 1)


Naviri Magazine - Ternyata, sebelum Otimus menjadi pemimpin Autobot, ada pemimpin-pemimpin sebelumnya yang disebut sebagai para Prime. Prime adalah julukan bagi robot yang dipilih untuk memegang Matrix of Leadership. Prime dipilih oleh Primus, dewa para robot, dan diutus untuk menghancurkan Unicron, dewa pembawa kekacauan yang berniat menguasai seluruh alam semesta.

Berikut ini para Prime yang pernah memegang Matrix of Leadersip.

1. Prima

Prima adalah utusan pertama Primus, juga salah satu dari 13 robot pertama yang diciptakan oleh Primus. Ciptaan pertama ini belum bisa dijuluki sebagai 'Transformers' karena belum memiliki kemampuan berubah wujud, dan mereka dijuluki 'The Thirteen'. 

Meski begitu, Prima diangkat sebagai Ksatria Cahaya, dan memiliki Pedang Bintang dengan Matrix di pangkal gagangnya. Sudah jelas bahwa kemunculannya untuk melawan Unicron. Dia dan The Thirteen yang tersisa dibuatkan sebuah planet, yakni Cybertron. 

Ternyata, mesin pengatur Cyberton membawa planet tersebut melintasi 'kandang' Unicron, maka terjadi lagi perang. Namun, The Thirteen dikhianati oleh anggotanya sendiri yang sekarang dikenal dengan sebutan The Fallen. Meskipun The Thirteen kalah, Unicron dan The Fallen berhasil digugurkan dan tersedot lubang hitam.

2. Prime Nova

Prime Nova adalah pemegang Matrix setelah Prima, namun keberadaannya kurang jelas karena kemunculannya yang terlalu singkat. Peristiwa yang paling penting tentang Nova, yang diceritakan oleh Omega Supreme, adalah saat dia ingin memperluas ras Cybertronian dan mempengaruhi peristiwa kosmik. 

Dia percaya bahwa bangsa robot berada di atas bentuk kehidupan lain, dan menginginkan alam semesta dituangkan oleh citranya. Supreme menduga kalau Ark pertama Cybertronian akan menjadi 'alat' perluasannya, dan merasa kalau hal tersebut akan berakibat buruk. 

Ternyata benar, Nova dan pasukan perluasannya, termasuk Jhiaxus dan robot penggabung Monstructor, menghilang ke Dead Universe. Anehnya, Nova masih sempat mewariskan Matrix-nya.

3. Guardian Prime

Guardian Prime mewarisi Matrix dari Prime Nova, dan menjadi pemimpin robot-robot baik yang kemudian disebut Autobot, yang memaksa Quintessons pergi dari Cybertron. Mereka menamai kelompoknya, dan bermisi untuk membuat perdamaian. 

Namun para robot militer menolak dan membuat kelompok sendiri, bernama Desepticon, dan menyatakan perang pada Guardian Prime. Dalam perang, Guardian gugur dan memberikan Matrix pada Zeta Prime.

4. Zeta Prime

Zeta Prime (The Narrator) menggantikan kedudukan Guardian Prime sebagai pemimpin Autobot. Masa kepemimpinannya sangat singkat, karena dia terbunuh sebelum perang antar kelompok selesai. 

Di versi cerita yang lain, dia menjadi pemimpin yang korup. Namun, dia dilatih untuk menjadi pemimpin yang benar dan terlibat perang sipil. Jelang akhir perang, dia malah menjadi magnet kegiatan teror Decepticon. Di versi Transformers manapun, Zeta adalah robot yang dinilai negatif.

5. Sentinel Prime

Sentinel Prime (Sentinel Major) awalnya budak Quintessons. Dia dilengkapi dengan peralatan tempur untuk berpartisipasi dalam permainan gladiator, sebagai acara hiburan. Dia pernah dikalahkan oleh Prima, yang menyerang majikannya saat pertandingan usai. 

Sampai pada akhirnya robot-robot budak tergerak untuk melakukan pemberontakan kepada Quintessons dan mengusirnya dari Cybertron. Sentinel dan para Autobot yang selamat, merampas kesempatan dari para Desepticon yang ingin membuat perubahan demi kepentingan mereka sendiri. Terjadilah perang yang mebuat pemimpin Autobot gugur dan pada akhirnya Matrix diwariskan kepada Sentinel. 

Pada saat itulah para Autobot memiliki kemampuan untuk mengubah bentuk tubuh mereka. Dangan kemampuan itulah mereka berhasil mengalahkan pemimpin Desepticon.

6. Optimus Prime

Optimus Prime (Orion Pax) awalnya robot buruh pabrik energi di masa kekuasaan Decepticon di bawah pimpinan Megatron. Suatu hari, Megatron dan pasukannya datang ke pabrik tempat Orion berkerja. Dia ditipu, dan energi-energi disana dicuri. 

Megatron membuat Orion terluka parah. Kebetulan, robot penggabung Aerialbots sedang ‘nyasar’ ke zaman tersebut, saat melakukan percobaan mesin waktu. Melihat kejadian itu, para Aerialbots membawa Orion ke hadapan Alpha Trion. Kebetulan, Trion sedang mencari cara melawan Decepticon, dan kedatangan Orion jadi kesempatan baginya untuk membentuk prajurit. 

Akhirnya Trion membetulkan kembali Orion. Dan karena Orion adalah robot yang berjiwa besar, dia juga meletakkan Matrix di dadanya. Maka jadilah dia seorang Optimus Prime. 

Setelah pulih, Optimus langsung melawan Megatron yang kaget dengan kedatangannya. Saat Megatron menanyakan siapa dirinya, Optimus menjawab, “Aku adalah mimpi terburukmu,” dan megalahkan Megatron di pertempuran pertamanya.

Baca lanjutannya: Asal Usul Optimus Prime, dan Sejarah Para Prime dalam Kisah Tranformers (Bagian 2)

Related

Entertaintment 985996775815661219

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item