Asal Usul Optimus Prime, dan Sejarah Para Prime dalam Kisah Tranformers (Bagian 2)


Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Asal Usul Optimus Prime, dan Sejarah Para Prime dalam Kisah Tranformers - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

7. Rodimus Prime

Rodimus Prime (Hot Rod) adalah Prime setelah Optimus. Dia adalah robot yang kurang ajar, keras kepala, dan sombong. Dia selalu diberi nasihat oleh Kup, meskipun sifatnya tetap menjengkelkan. 

Sebaliknya, setelah dia menjadi Prime, walau tetap keras kepala, dia jadi kurang percaya diri, sering meragukan keputusan sendiri dengan statusnya sebagai pemimpin Autobot, khususnya jika dia membandingkan diri dengan Optimus. 

Biar begitu, baik Hot Rod atau Rodimus tidak sabaran. Waktunya untuk menunggu digunakan untuk melakukan hal lain. Dia juga tipe robot yang mandiri. Dalam pertarungan, Rodimus memiliki rekan dari kelompok Targetmaster, yaitu Firebolt. 

Kedudukannya sebagai pemimpin adalah titik balik dalam hidupnya, karena Matrix memilihnya sebagai Prime setelah kematian Optimus. Buah dari kepemimpinannya adalah kekalahan Unicron, dan kembalinya Cybertron dalam kekuasaan Autobot.

8. Ultra Magnus

Ultra Magnus memiliki keberanian yang luar biasa, dan kemampuan improvisasi di medan tempur yang tak tertandingi. Namun, dia lebih nyaman mejadi bawahan daripada menjadi pemimpin. 

Bila dia diperintahkan untuk menjadi pemimpin, dia hanya mengkhianati bakatnya sendiri. Dia kuat, tegas, bisa diandalkan, tidak egois, dan berani. Sayangnya, dia tidak pernah mengakui hal tersebut. Mengetahui kekuatannya yang lebih besar dari Autobot rata-rata, dia rela berkorban demi melindungi teman-temannya. 

Dia adalah pemegang sementara Matrix, sampai selanjutnya diberikan kembali kepada Optimus yang telah bangkit dari kematiannya. Wujud aslinya sangat mirip Optimus Prime, hanya saja keseluruhan warnanya adalah putih.

9. Nemesis Prime

Nemesis Prime adalah klon Optimus Prime yang bersifat jahat, yang dikendalikan oleh Sideways untuk memusnahkan Autobot dan Decepticon. Dia memindai pikiran dari kedua belah pihak, dengan kata lain memata-matai rencana, dan menyergap mereka, lalu mengambil bentuk dari Optimus yang paling kuat dan dihormati pada saat itu. 

Sebagai tiruan Optimus, Nemesis memiliki kekuatan dan kemampuan Prime, di samping kemampuannya merekonstruksi diri sendiri. Dia dihancurkan oleh kedua belah pihak, sehingga mengalami kerusakan yang sangat parah. 

Dia dibangkitkan dan ditingkatkan kemampuannya oleh para Mini-Con. Dia benar-benar dimusnahkan oleh Optimus yang menggabungkan kekuatan dengan Overlad dan Galvatron, bentuk baru dari Megatron.

10. Optimus Primal

Optimus Primal, muda dan belum teruji, adalah kapten kapal eksplorasi saat dia ditugaskan untuk mengejar kapal Predacon curian, di bawah kepemimpinan Megatron. 

Sebagai pemimpin kelompok kecilnya, Maximal, dia menjalankan kepemimpinan berdasarakan cara kepemimpinan legendanya, Optimus Prime, yang penuh hormat kepada kawan maupun lawan. 

Kekuatannya sendiri melampaui kekuatan para Autobot, hanya saja tidak sekuat Ultra Magnus. Namun, dia belum menjadi seorang Prime. Setelah mengambil pecahan Matrix dari tubuh Optimus Prime, lalu memasukan ke dalam dadanya, jadilah dia Optimal Optimus dan bergabung bersama Autobot.

11. Primal Prime

Primal Prime bukan seorang Prime, namun memang struktur tubuhnya terdiri dari Matrix. Dengan kata lain, Matrix adalah bagian tubuhnya, sehingga dia dijuluki The Living Matrix. 

Dia diciptakan oleh Vok dan memiliki 3 mode perubahan, yaitu jet tempur, truk tempur, dan juga sama seperti Optimus Primal yang bisa menjadi kera besar. Dengan keistimewaannya, dia memiliki kekuatan abadi para Prime yang luar biasa. 

Meski begitu, Primal adalah tipe peragu. Dia khawatir bila sikapnya terlalu objektif, terlalu mudah ditipu dalam memimpin pasukannya. Dia bukan penerus Optimal Optimus memimpin Maximal, tapi kelompok yang dipimpinnya adalah The Wreckers pada Beast Era.

12. Leo Prime

Leo Prime adalah anggota berpangkat tinggi di Maximal. Dia memiliki Matrix, namun bukan Matrix of Leadership, melainkan Energon Matrix hasil penggandaan dari Matrix milik Optimal Optimus. 

Dia memiliki kekuatan yang berasal dari Angolmois, yaitu kekuatan yang membuatnya memiliki bentuk perubahan singa putih yang berasal dari planet Gaea. 

Mengetahui hal tersebut, Galvatron dan para Predacon pun datang ke Gaea untuk mendapatkan Angolmois. Leo Prime dan pasukannya telah membuntuti Galvatron dari awal, sampai akhirnya terjadi pertempuran yang melukai Leo saat dalam bentuk singa, sehingga tidak dapat berubah menjadi robot. 

Saat melakukan pemulihan dengan energi Angolmois, dia dipertemukan kembali dengan 'anak'nya, Leo Junior.

Related

Entertaintment 9049874451585040435

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item