Carandiru Prison, Penjara Brutal di Brasil yang Pernah Bikin Geger Dunia


Naviri Magazine - Penjara ini sempat menghebohkan Brasil juga dunia, ketika pecah kerusuhan besar di penjara tersebut pada tahun 1992; tragedi pembantaian massal yang melibatkan polisi setempat. Ratusan korban berjatuhan, 103 (ada yang menyebut 111 napi) di antaranya tewas terbunuh. 

Tragedi Caradiru bermula dari meletusnya perang antar gank di penjara tersebut, yang melebar hingga melibatkan banyak narapidana. Polisi kemudian mendatangkan bala bantuan. Sebenarnya, saat itu banyak napi telah menyerah dengan melemparkan senjata mereka, dan meminta perlindungan polisi. Namun dijawab polisi dengan menembaki mereka. 

Perlakuan brutal dari pihak kepolisian itu memicu protes di mana-mana, tak terkecuali Amnesty Internasional, yang mengkampanyekan penjara tersebut ditutup tahun 2002. Amnesty Internasional melaporkan telah terjadi pelanggaran hak-hak asasi manusia di sana, yang tak bisas ditolerir lagi. 

Bukan itu saja, fasilitas penjara juga sedemikian buruk, sehingga menyebarkan penyakit mematikan. Pada masa itu, Kepala Kepolisian Metropolitan Sao Paulo adalah Ubiratan Guimaraes, dan dia dianggap orang yang paling bertanggung jawab atas meletusnya tragedi ini. 

Kasus yang menimbulkan kemarahan dunia ini membawa Guimaraes ke kursi pesakitan. Ia sempat diadili dengan tuduhan pembunuhan terhadap 102 orang. Namun pengadilan kemudian membebaskan Guimaraes karena dia mengatakan polisi melakukan itu karena ditembaki. Pemerintah Brasil menganggap bahwa tragedi itu terjadi bukan tanggung jawab pihak kepolisian.

Related

World's Fact 8834073062749865246

Recent

item