CHIP House, Rumah Super Canggih yang Bisa Memproduksi Listrik Sendiri

CHIP House, Rumah Super Canggih yang Bisa Memproduksi Listrik Sendiri

Naviri Magazine - CHIP House (Compact Hyper-Insulated Prototype) adalah sebuah rumah yang diklaim tidak membutuhkan PLN sama sekali, karena semua kebutuhan listrik didapat dari panel surya yang dipasang diatasnya.

Pertama yang paling unik adalah bagian dindingnya yang mirip matras besar, yang berfungsi untuk mengontrol suhu di dalam ruangan. 

Rumah berukuran 70 m2 ini juga dilengkapi dengan Microsoft Kinect yang berfungsi untuk mematikan atau menyalakan peralatan listrik melalui gerakan seseorang (motion control).

Pembuangan udara panas pada AC juga digunakan untuk menghasilkan air panas dan juga terdapat sensor otomatis yang bisa menutup gorden ketika suhu di dalam ruangan menjadi hangat.

Semua sistem yang ada juga bisa dikontrol melalui ponsel atau tablet, jadi walaupun Anda lupa mematikan lampu atau lainnya ketika berangkat, bisa dilakukan dengan bantuan internet.

Panel surya yang digunakan dengan bantuan alat penghemat listrik membuat CHIP House bisa menghasilkan listrik 3 kali lebih besar dibanding kebutuhannya sendiri.

CHIP House merupakan proyek kerjasama antara lebih dari 100 mahasiswa dari Caltech dan Sci-Arc, dan menghabiskan dana sekitar US$ 1 juta, tapi kalau dibuat lagi hanya butuh dana sekitar US$ 300.000.

Related

Technology 2505982731282810869

Recent

item