Dokter Ungkap Gosok Gigi Terlalu Kencang Bisa Bikin Gigi Lebih Cepat Kuning


Naviri Magazine - Tidak sedikit orang yang punya kebiasaan menggosok gigi dengan keras dan sekuat tenaga. Harapannya, agar gigi lebih bersih dan kembali putih. Tapi cara seperti ini justru salah. Seorang dokter spesialis gigi mengungkapkan bahwa menggosok gigi dengan keras dan kuat justru akan membuat warna gigi semakin kuning.

Drg. Tristan Peh membagikan pengetahuannya seputar menjaga kesehatan gigi di TikTok dan jadi viral. Dia mengimbau agar orang-orang tidak mengandalkan gosok gigi untuk membuat warnanya lebih putih karena usaha itu hanya akan sia-sia.

Sebab, gigi yang menguning merupakan proses alamiah yang dialami setiap manusia, seiring bertambahnya usia. Warna gigi akan tetap kuning, tak peduli serajin dan setelaten apa kamu merawat dan menjaga kebersihannya.

Lewat unggahan video TikTok berjudul 'Let's find out why we have yellow teeth' yang sudah ditonton 150 ribu kali, dokter Tristan menjelaskan bahwa lapisan terluar yang disebut enamel memang berwarna putih. Sedangkan lapisan di bawahnya yang disebut dentine aslinya berwarna kuning.

Ketika enamel terkikis, maka akan menyisakan lapisan dentine yang berwarna kuning. Menggosoknya dengan keras hanya akan membuat gigi lebih cepat menguning bahkan merusak lapisan pelindungnya.

"Banyak orang mengira menyikat gigi lebih kuat akan membuat gigi jadi putih. Padahal cara itu akan mengikis lapisan enamel. Ketika enamel menipis, gigi jadi terlihat lebih kuning dan lebih sensitif," tuturnya.

Dokter Tristan menyarankan agar menggosok gigi secara lembut menggunakan sikat berbulu halus. Gosok dengan gerakan memutar, termasuk gusi juga perlu dibersihkan.

Jika ingin membuat gigi lebih putih, sebaiknya datang ke dokter gigi untuk perawatan khusus. Beberapa metode memutihkan gigi yang umum adalah dengan bleaching, dan harus dilakukan oleh tenaga profesional.

Related

Health 1558950208155616478

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item