Fakta-fakta Sains Seputar Bumi yang Menakjubkan dan Perlu Kita Tahu (Bagian 1)


Naviri Magazine - Bagi kita yang hidup di bumi, mungkin beranggapan sudah memahami hal ihwal kehidupan di planet ini. Tapi belum tentu juga. Ada sejumlah fakta yang mungkin belum kita ketahui. Berikut ini di antaranya.

1. Apakah dalam satu hari akan selalu 24 jam?

Pada 10 ribu tahun silam, di bumi hanya 18 jam sehari. Dari hari ke hari, rotasi bumi semakin lamban, dan dalam satu hari sekarang adalah 24 jam. Menurut perhitungan ilmuwan, kelak di masa yang akan datang, dalam satu hari di bumi akan menjadi 960 jam!

2. Berapa luas permukaan bumi?

Luas permukaan bumi adalah 510,1 juta km persegi.

3. Berapa luas padang pasir di bumi?

Kurang lebih 1/3 areal bumi merupakan padang pasir. Jika manusia tidak membatasi perilakuya yang merusak alam, padang-pasir akan semakin meluas. Gurun Sahara di Afrika Utara adalah padang pasir yang terluas di dunia, 23 kali lipat padang pasir di California, AS.

4. Berapa tinggi suhu di bagian dalam bumi?

Setiap suhu yang berjalan 1 km menuju ke dalam bumi akan meningkat 20 derajat celcius. Menurut perhitungan ilmuwan, di daerah pusat bumi, suhu akan mencapai 3.870 derajat Celcius.

5. Apakah sungai itu hidup?

Sungai sama seperti semua makhluk hidup yang lain, yakni memiliki rentang hidup. Mereka akan tumbuh perlahan setelah lahir, maksudnya areal daerah aliran akan meluas, kemudian akan mati seiring dengan meningkatnya usia.

6. Berapa kali kilat terjadi setiap detik?

Mungkin tempat yang kita pijak sekarang langitnya tampak cerah sejauh mata memandang, tapi di tempat lain hujan dan guntur silih berganti. Berdasarkan perhitungan ilmuwan, rata-rata setiap detik terjadi kilat 100 kali, tapi ini adalah kilat yang hanya menerjang permukaan bumi. 

Dalam satu menit terdapat lebih dari 1.000 kali badai guntur yang mengelilingi bumi, menimbulkan lebih dari 6.000 kali kilatan petir, sebagian besar terjadi di lapisan awan.

7. Apakah batu bisa mengapung di air?

Orang-orang pasti merasa ini pertanyaan yang ganjil, bagaimana mungkin batu bisa mengapung? Sesungguhnya ini kenyataan. Ketika gunung berapi meletus, gas yang terpisah dari dalam lava dapat menghasilkan batu apung. Dalam batuan ini terdapat banyak gelembung udara, karena itu bisa mengapung di air.

8. Apakah batuan bisa tumbuh?

Benar, batu bisa tumbuh. Ada suatu batu feromangan tumbuh di lereng pegunungan dasar laut, tempurung batuan ini perlahan-lahan menyerap mineral yang mengendap dalam air, setiap 1 juta tahun tumbuh kurang lebih 1 milimeter.

9. Apa danau terbesar di dunia?

Dari segi area, Laut Kaspia adalah danau yang paling besar di dunia, terletak di antara tenggara Eropa dan Asia barat.

10. Jika es di Kutub Selatan mencair, berapa tinggi air akan naik ke permukaan?

Es di Kutub Selatan menduduki hampir 90% cadangan es di bumi, sebanyak 70% kapasitas air tawar tersimpan di Kutub Selatan. Jika seluruh es di Kutub Selatan lumer, permukan laut akan naik 220 kaki, atau setinggi 20 lantai gedung bertingkat. 

Ilmuwan menuturkan, es di Kutub Selatan berangsur-angsur mencair. Berdasarkan laporan PBB, menurut tendensi kenaikan suhu sedunia, kondisi terburuk sampai pada tahun 2100 nanti permukaan laut akan naik 3 kaki (1 meter).

11. Air tawar terutama ada di mana?

Air tawar di dunia terutama adalah air bawah tanah. Cadangan air bawah tanah adalah 30 kali lipat cadangan dari semua danau air tawar, atau 3.000 kali lipat sungai secara total. Setiap tahun, masyarakat di seluruh dunia menghabiskan 400 miliar galon air tawar.

Baca lanjutannya: Fakta-fakta Sains Seputar Bumi yang Menakjubkan dan Perlu Kita Tahu (Bagian 2)

Related

Science 3696874957638239944

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item