Hal-hal Penting yang Perlu Disiapkan Saat Akan Wawancara Kerja (Bagian 2)


Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Hal-hal Penting yang Perlu Disiapkan Saat Akan Wawancara Kerja - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Selain itu, duduklah dengan tegak dan terarah kepada si pewawancara, sehingga akan memperlihatkan kesan kalau kita sangat antusias dengan apa yang dikatakannya. Terakhir, jangan merokok atau terlihat lesu ketika wawancara berlangsung. Jika terasa tegang, cobalah untuk tenang.

Perhatikan pertanyaan wawancara

Jawablah setiap pertanyaan dalam wawancara dengan jelas dan lengkap, namun usahakan secara ringkas. Jangan menghabiskan waktu dengan menyatakan hal-hal yang tidak penting atau yang tidak berhubungan. 

Nyatakan tentang apa yang kita harapkan dari pekerjaan dan dari perusahaan, serta beritahu apa yang bisa kita berikan atau yang bisa diharapkan dari kita untuk diberikan kepada perusahaan. Tekankan kualifikasi yang kita miliki dengan nada yang positif. 

Selain itu, apabila kita tidak memahami pertanyaan yang diajukan atau ragu-ragu terhadap suatu pertanyaan, mintalah pewawancara untuk mengulangi pertanyaannya. 

Terakhir, tunggulah setiap pertanyaan sampai selesai diucapkan, baru menjawabnya. Artinya, jangan memotong, menyela ataupun menjawab suatu pertanyaan sebelum pertanyaan itu tuntas diucapkan.

Hindari hal negatif dalam wawancara

Kita bisa menyatakan tentang pekerjaan kita terdahulu, jika itu memang dapat membantu memberikan nilai yang positif. Namun, jangan menyatakan hal-hal buruk tentang perusahaan kita terdahulu, atau mengkritik teman / rekan kerja kita terdahulu. Lebih dari itu, jangan nyatakan hal-hal yang negatif menyangkut diri kita sendiri. 

Hindari untuk membicarakan masalah yang bersifat pribadi, semisal tempat tinggal atau kondisi keuangan, kecuali apabila itu jelas-jelas ditanyakan secara spesifik. Selain itu, tetaplah sabar dalam menghadapi setiap pertanyaan atau sikap si pewawancara. Bisa saja dia menunjukkan sikap yang menjengkelkan untuk memancing reaksi kita. Tetaplah tenang dan hadapi dengan sopan.

Perkirakan jumlah gaji yang tepat

Dalam acara wawancara biasanya juga akan ditanyakan berapa banyak gaji yang kita kehendaki berdasarkan kemampuan dan keahlian yang kita miliki. Jika hal itu memang ditanyakan, perkirakanlah jumlah gaji yang tepat, dengan cara menaikkannya sedikit lebih tinggi sehingga pihak perusahaan dapat menawarnya. 

Dibutuhkan takaran yang tepat untuk hal ini, karenanya sebisa mungkin carilah data terlebih dulu berapa skala yang tepat untuk gaji yang seharusnya kita terima dari pekerjaan yang akan kita lakukan. Yang pasti, jangan ajukan harga yang terlalu tinggi karena itu sama saja menutup jalan kita sendiri.

Persiapkanlah jawaban wawancara

Di antara begitu banyaknya pertanyaan yang mungkin akan diajukan oleh pihak perusahaan dalam acara wawancara kerja, berikut ini adalah pertanyaan-pertanyaan yang hampir pasti akan ditanyakan. Karenanya, berlatihlah berulang-ulang untuk memberikan jawaban yang tepat untuk pertanyaan-pertanyaan ini:
  • Mengapa Anda melamar kerja di perusahaan ini?
  • Kenapa Anda ingin bekerja di perusahaan ini?
  • Berapa lama Anda ingin bekerja di perusahaan ini?
  • Apakah Anda pernah bekerja? Mengapa Anda meninggalkan pekerjaan Anda sebelumnya?
  • Ceritakan tentang diri Anda.
  • Saat ini Anda tak terikat dengan perusahaan manapun? Kenapa sekarang Anda tidak bekerja?
  • Berapa lamakah Anda akan tetap tinggal dalam pekerjaan ini tanpa kenaikan jabatan?
  • Menurut Anda, mengapa kami harus menerima Anda?
  • Apakah saat ini Anda dalam kondisi kesehatan yang baik?
  • Apa yang Anda suka dari pekerjaan Anda sebelumnya?
  • Apa yang tidak Anda suka dari pekerjaan Anda sebelumnya?
  • Berapakah gaji Anda sebelumnya?
  • Berapakah Anda ingin digaji untuk pekerjaan ini?
  • Anda belum berpengalaman dalam pekerjaan ini? Mengapa Anda pikir Anda dapat melakukan pekerjaan ini tanpa pengalaman?

Tutuplah wawancara dengan baik

Ketika acara wawancara berakhir dan pihak perusahaan / pewawancara tidak memberikan keterangan yang pasti mengenai pekerjaan yang kita lamar, tanyakanlah kapan kira-kira kita akan diberitahu hasil atau keputusannya, atau kapan kita bisa menghubungi perusahaan untuk mendapatkan kepastian mengenai hal itu. 

Jika pihak perusahaan meminta kita untuk kembali di lain waktu, tuliskanlah waktu dan tempatnya. Terakhir, jangan lupa untuk menyatakan terima kasih atas waktu yang telah diberikan untuk acara wawancara tersebut.

Related

Tips 2869220920202082470

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item