Humor Sufi: Nasruddin Hoja dan Nasihat-nasihat yang Tolol

Humor Sufi: Nasruddin Hoja dan Nasihat-nasihat yang Tolol

Naviri Magazine - Dulu, sewaktu masih remaja, Nasruddin terkenal sebagai orang yang aneh, suka melawan arus, pendeknya berbeda dengan orang kebanyakan. Contoh gampangnya, kalau orang menasihati Nasruddin agar ke kiri, maka Nasruddin justru akan melangkah ke kanan. 

Keluarganya pun sudah hafal dengan tabiatnya yang unik itu, sehingga mereka mencari cara agar setiap nasihat atau perintah yang mereka katakan bisa dilakukan Nasruddin sebagaimana yang mereka inginkan. Akibatnya, mereka sering memberikan nasihat atau perintah yang berkebalikan.

Suatu hari, Nasruddin pergi bersama ayahnya dengan membawa seekor keledai yang dimuati beberapa karung tepung untuk dijual di pasar. Perjalanan menuju ke pasar itu harus melewati sebuah sungai yang tak terlalu dalam. Ketika mereka tengah menyeberang di sungai itu bersama keledai mereka, sebuah karung nampak merosot ke bawah.

Ayah Nasruddin yang melihat itu segera berteriak memerintahkan pada Nasruddin agar secepatnya menarik karung yang merosot itu. Tentu saja dengan caranya yang khas, “Nasruddin, cepat turunkan karung tepung itu agar masuk ke air.”

Tanpa diduga, bukannya melakukan yang berkebalikan dengan perintah itu, Nasruddin justru melakukan tepat seperti yang diperintahkan oleh ayahnya. Dia menekan karung yang telah merosot itu ke bawah hingga akhirnya jatuh dan tenggelam di dalam air. Seketika tepung di dalamnya pun segera ludes oleh arus sungai.

Melihat itu, ayah Nasruddin naik pitam. “Uh, bagaimana kau ini, Nasruddin?!” teriaknya dengan marah. “Biasanya kau kan selalu bertingkah berlawanan dengan yang dikatakan orang???”

“Iya, Ayah,” jawab Nasruddin dengan tenang, “tapi kali ini aku mematuhi perintahmu dan mengerjakan nasihatmu hanya untuk membuktikan betapa tololnya perintah dan nasihatmu.”

Related

Humor 5775319760441434862

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item