Ilmuwan Akhirnya Temukan Cara Murah untuk Sediakan Air Minum Dunia


Naviri Magazine - Ilmuwan Amerika Serikat (AS) berhasil membuat sebuah teknologi baru untuk memberi solusi air minum dunia. Menariknya, cara ini sangat mudah dan murah. 

Tim peneliti dari Purdue University mengatakan, sistem ini menangkap cahaya menggunakan pemantul parabola, dan memfokuskannya pada pipa UV transparan di mana air mengalir secara terus menerus.

Melalui sistem ini, 800 juta orang di seluruh dunia yang kekurangan air minum yang aman bisa terbantu.

“Kami mengembangkan teknologi ini selama 20 tahun. Sistem UV ini berdasarkan sumber UV buatan. Apa yang kami kerjaan baru-baru ini adalah memanfaatkan radiasi ultraviolet dari matahari,” papar profesor teknik sipil, Ernest R. Blatchey III.

Peneliti mengatakan, teknologi ini akan sangat membantu negara-negara berkembang.

“Air yang ada di negara itu masih memiliki kontaminan, termasuk bakteri patogen. Hasilnya, ribuan anak meninggal tiap hari karena diare dan dehidrasi,” lanjutnya.

Selain itu, setengah kamar tidur rumah sakit di dunia dipakai merawat orang sakit akibat air yang mereka minum, lanjutnya lagi. Peneliti mengatakan, sistem seharga kurang dari US$100 ini mampu mematikan bakteri E.coli dan terbukti efektif membunuh patogen berbahaya.

Related

Science 4642415304166089941

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item