Ilmuwan Tercengang, Muncul Suara-suara Menakutkan dari Matahari


Naviri Magazine - Astronom University of Sheffield berhasil, untuk pertama kalinya, membuat rekaman harmoni musik menakutkan, yang dihasilkan ladang magnetis atmosfer luar matahari. Mereka menemukan putaran magnetik besar melingkar dan menjauh dari lapisan luar atmosfer matahari, dikenal sebagai coronal loops, yang bergetar seperti senar pada alat musik.

Menggunakan satelit untuk menampilkan putaran yang berkisar sepanjang 60 ribu mil, para peneliti mampu mengkreasikan suara dengan memutar getaran ke dalam bentuk suara, dan mempercepat frekuensi agar dapat didengar telinga manusia. 

Professor Robertus von Fáy-Siebenbürgen, kepala kelompok peneliti fisika matahari di University of Sheffield, mengatakan, “Ini keindahan, dan menakjubkan bisa mendengar suara pertama kali dari sumber kekuatan yang besar.”

Saat matahari melakukan aktivitas dan produksi nyala api meningkat, badai luar angkasa dapat memberi efek penghancuran bagi bumi, terutama perangkat elektronik dan kerja satelit.

Professor Fáy-Siebenbürgen mengatakan bahwa studi musik matahari dapat memungkinkan mereka menemukan cara baru untuk memahami dan memprediksi nyala api sebelum itu terjadi.

Getaran di putaran koronal dari sisi ke sisi ini terjadi karena mereka dipetik, mirip senar gitar, dengan gelombang besar akibat ledakan di permukaan matahari.

Ilmuwan juga menemukan bahwa geraran putaran berlaku bolak balik dengan cara meniru gelombang akustik dari instrumen angin. Penelitian Profesor Fáy-Siebenbürgen itu dirilis di University of Sheffield dalam rancangan Project Sunshine, yang bertujuan mencari cara baru memahami dan memanfaatkan kekuatan matahari. 

Related

Science 3166810499012342422

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item